Lakukan 9 Kebiasaan Baik ini, Maka Dapatkan Sensasi Tidur Nyenyak

Tidur Nyenyak
Ilustrasi Kualitas Tidur yang Baik

Kanalnews.id – Tidur nyenyak adalah dambaan semua orang, sebab tubuh kita seharian sudah dibawa bekerja, sehingga butuh istirahat yang cukup.

bahkan sering kali banyak orang ketika bangun tidur badannya terasa lesu, lemas dan pusing, hal iti disebabkan karena tidurmu kurang berkualits, akibatnya tidurnya tidak nyenyak.

Banyak penelitian mengatakan tidur yang berkualitas akan memberikan dampak positif pada kesehatan mental dan fisik.

Bahkan tidur malam yang berkualitas dan cukup merupakan bagian dari pola hidup sehat dan sama pentingnya dengan diet sehat.

Maka dari itu, untuk memperbaiki kualitas tidurmu maka perlu ada persiapan atau langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebelum tidur agar tidurmu pulas dan nyenyak serta ketika bangun tidur badan kembali fit.

Artikel ini akan mengulas tuntas hal-hal yang perlu anda lakukan sebelum tidur, sehingga kualitasnya terjada dengan baik dan badan anda kembali fit setelah seharian bekerja keras.

Berikut 9 kebiasaan baik yang patut dilakukan sebelum tidur nyenyak sebabagiaman dilansir kanalnews.id dari lama halodoc.com.

1. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Untuk menjaga kualitas tidur dengan baik, ternyata mandi air hangat menjadi solusi bagi anada penderita insomnia atau susah tidur.

Menurut para ilmuwan, suhu tubuh ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur. Mandi air hangat memiliki efek powering down yang membuat otot-otot di seluruh tubuh jadi rileks dan membuat kamu merasa tenang dan nyaman. Jadi, kamu pun bisa lebih mudah tertidur.

2. Matikan Handphon

Baca Juga :  Hebat.! Ratusan Crosser Ramaikan Kejurda Motocross Sumenep Masa Kejayaan

Kebiasaan yang kedua agar kulitas tidur terjaga dengan baik, maka anda perlu membiasakan diri mematikan Handphon sebelum tidur.

Sebab cahaya yang terpancar dari Handphon bisa mengurangi jumlah melatonin, yaitu hormon dalam tubuh yang berfungsi untuk membuat kamu mudah tertidur.

Bermain Handphon juga bisa menyebabkan kecanduan yang justru bikin kamu malah semakin sulit untuk tidur.

Jadi, sebaiknya matikan Handphon minimal satu jam sebelum waktu tidur, supaya  kamu dapat mudah tertidur nyenyak dan terhindar dari insomnia.

3. Menulis

Buat kamu yang senang menulis, kegiatan ini bisa menjadi solusi jika kamu sedang tidak bisa tidur.

Sebab, penelitian menunjukkan bahwa menulis sesuatu yang menjadi beban pikiran bisa bantu mengeluarkan dan membersihkan pikiran. Jadi, kamu bisa lebih mudah tertidur.

Selain itu, menulis jurnal juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Bahkan kegiatan ini direkomendasikan oleh para ahli sebagai salah satu cara untuk membantu kamu tertidur.

4. Membaca Buku

Daripada bermain Handphon, membaca buku adalah salah satu alternatif kegiatan yang baik sebelum beristirahat. Membaca buku dapat membantu pikiran rileks sehingga membuat memunculkan rasa kantuk dengan sendirinya.

5. Gunakan Baju yang Nyaman

Memakai baju yang enak dipakai juga menjadi alternatif penghantar tidur yang baik dilakukan bagi anda yang susah tidur nyenyak.

Sebab pakaian yang kamu kenakan ternyata berpengaruh terhadap kualitas tidur, loo.

Jadi menggunakan pakaian tidur yang longgar, bersih dan lembut membuat tidurmu jadi lebih pulas dan nyenyak.

Baca Juga :  Perkuat Eksistensi, Forum MMS Kembali Satukan Visi Kawal Kepentingan Publik

Buat para wanita, kamu juga disarankan untuk tidur tanpa bra agar peredaran darah menjadi lebih lancar.

6. Meditasi

Bermeditasi juga termasuk kebiasaan yang patut anda lakukan sebelum tidur, apalagi seharian kamu bekerja sangat melelahkan dan bikin pikiran pusing dan stress.

Meditasi bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan stress dan sakit kepala, tapi juga efektif membantu kamu untuk bisa tidur dengan nyenyak.

Maka dari itu, bermeditasi bisa menjadi alternatif untuk menjaga kulitas tidur anda dengan baik, sehingga ke esokan harinya tubuh anda kembali segar bugar.

Selain itu, kamu bisa memasang aromaterapi yang wanginya menenangkan, meredupkan lampu kamar, dan pejamkan mata selama beberapa saat agar pikiran menjadi lebih rileks.

7. Minum Air Putih

Terkadang banyak orang tidak sadar, meski tubuh kita dalan keadaan tidur ternyata tetap membutuhkan cairan, sebab orang tidur juga mengeluarkan tenaga sehingga terkdang tubuh kita menjadi gerah dan panas.

Dari itu untuk menjaga pola hidup sehat, biaskanlah minum air putih sebelum tidur agar kualitas tidur terjaga dengan baik.

Kita semua tahu bahwa air putih punya banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menjaga kelembapan kulit saat kita tertidur. Minumlah minimal satu gelas air bersuhu normal (bukan air dingin) beberapa jam sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi.

8. Hindari Tidur Dalam Kondisi Lapar atau Kekenyangan

Agar kualitas tidur terjaga dengan baik maka hindarilah tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan.

Baca Juga :  Ternyata Ini Identitas Oknum Guru Ngaji di Sumenep yang Diduga Cabuli Santrinya

Sebab, keduanya sama-sama dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang berpotensi membuatmu sering bangun tengah malam.

Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makan malam beberapa jam sebelum kamu beranjak ke tempat tidur untuk beristirahat.

9. Menghirup Minyak Lavender Sebelum Tidur

Beberapa jenis aromaterapi diyakini dapat membantu kamu untuk tertidur lebih cepat dan nyenyak. Salah satunya seperti minyak lavender yang dipercaya dapat memberikan efek relaksasi.

Sebab kalau menghirup minyak lavender sebelum tidur dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan suhu kulit secara signifikan.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang baik dilakukan sebelum tidur. Mulai dari mandi air hangat sebelum tidur, matikan gadget, menulis, hingga menghirup minyak lavender sebelum tidur. Maka dari itu, mulailah untuk melakukannya setiap malam sebelum tidur agar kualitas tidurmu terjaga dengan baik.

Namun, jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuahkan hasil, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, bisa jadi tidur yang kurang nyenyak merupakan indikasi akan adanya gangguan kesehatan tertentu. (**Red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *