Miliki Beragam Potensi Wisata, Kunjungan Wisman ke Sumenep Meningkat

Miliki Beragam Potensi Wisata, Kunjungan Wisman ke Sumenep Maningkat
Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan Saat Menemani Wisatawan Asing Beberapa Waktu Lalu. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memiliki potensi wisata yang cukup beragam, sehingga kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) terus mengalami peningkatan. Jum’at, 14 Juli 2023.

Berdasarkan data di Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, sejak awal tahun hingga Juni 2023, tercatat sebanyak 147 orang wisman yang telah mengunjungi daerah ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan menyampaikan, bahwa kunjungan wisman atau wisata asing di tahun 2023 mengalami peningkatan.

“Sejak awal tahun 2023 kami mencatat sudah 147 wisman berkunjung ke Sumenep. Jumlah ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2022 kemarin, yakni hanya 21 Wisman, ” katanya kepada Kanal News. Jum’at (14/07/2023).

Lebih lanjut, Iksan panggilan akrabnya menjelaskan, objek wisata yang paling sering dikunjungi wisman adalah museum Keraton Sumenep dan wisata di pulau Gili Iyang.

“Bulan Maret kemarin cukup banyak wisman yang berkunjung ke Sumenep. Sebanyak 126 orang menggunakan kapal pesiar mengunjungi Keraton Sumenep, ” ungkapnya.

Kendati demikian, iksan tetap berharap kunjungan wisatawan lokal maupun asing di tahun 2023 ini terus mengalami peningkatan.

“Kami berharap kunjungan-kunjungan berikutnya akan terus meningkat,” harap mantan Kepala Dinas Sosial Sumenep itu.

Iksan kembali menegaskan, bahwa Kabupaten yang berada paling ujung pulan Madura itu memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Kami memiliki potensi wisata yang cukup beragam untuk menjadi tujuan wisata, mulai dari wisata alam yang mempesona, budaya, sejarah hingga wisata religi, ” terang iksan.

Selain itu, sambung mantan aktivis PMII itu menjelaskan, para wisatawan bisa menikmati kuliner khas Sumenep yang tiada duanya di daerah lain.

“Wisatawan juga dapat menikmati kelezatan kuliner khas Sumenep serta merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal yang ramah dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya, ” pungkasnya. (Hil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *