Babel Tourism Forum, Upaya Tingkatkan Industri Pariwisata di Babel

Babel Tourism Forum, Upaya Tingkatkan Industri Pariwisata di Babel
Gubernur Babel Saat Rapat Bersama General Manager Perhotelan bahas Industri Pariwisata. (Foto: Rofiq - Kanal News)

Tanjung Pandan, kanalnews id – Guna mendukung kemajuan industri pariwisata, khususnya perhotelan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pj Gubernur Kep. Babel mengajak seluruh General Manager hotel untuk rapat bersama, di Resto Fairfield by Marriot Belitung Hotel. Jumat (03/03/2023).

Informasi yang berhasil dihimpun media ini menyebutkan bahwa rapat tersebut dilakukan karena adanya kekhawatiran hunian kamar-kamar hotel di Belitung tidak memadai, hanya sekitar 30% bahkan di bawahnya.

Bacaan Lainnya

Sedangkan agar suatu hotel dapat beroperasi, dibutuhkan angka di atas 30%. Untuk itu, secara bersama dipetakanlah masalah-masalahnya.

“Setelah berdiskusi tadi, akhirnya kami dapat menarik kesimpulan sementara, di mana yang menjadi masalah ialah yang pertama mahalnya tiket pesawat. Kedua, paket wisata yang tidak terpadu atau masih jalan sendiri-sendiri,” Kata Pj Gubernur. Jumat (03/03/2023).

“Ketiga, atraksi atau penampilan budaya yang belum tersambung. Keempat, orang bermalam di sini rata-rata merupakan tamu yang rapat atau memang sedang ada perjalanan dinas,” imbuh Ridwan panggilan akrabnya.

Lalu, dari kesimpulan tersebut, disepakati akan dibuatkan suatu forum bagi pelaku industri pariwisata di Bangka dan Belitung yang sama-sama menghadapi masalah serupa. Forum ini berguna untuk saling berdiskusi satu sama lain, serta memajukan pariwisata tersebut.

“Kita sepakat untuk secara berkala, atau rutin mendiskusikan masalah ini lewat Forum Wisata Bangka Belitung atau Babel Tourism Forum. Forum ini bersifat tidak formal dan kaku, tidak perlu SK, serta yang memang ada di dalamnya adalah orang-orang yang berkepentingan saja,” paparnya.

Usai rapat ini, disebutkan oleh Pj Gubernur Ridwan, akan ada kelanjutan rapat kembali pada tanggal 9 Maret mendatang, bertepatan momen adanya Airlines Gathering di Belitung, pada tanggal 10 Maret.

“Kami berharap nanti bisa sekaligus dilakukan diskusi secara win-win solution bersama maskapai yang biasa terbang ke Bangka maupun Belitung,” pungkasnya. (Rofiq/Elf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *