Tok..! Anggaran Pilkada Sumenep 2024 Tembus Rp 70 Miliar

Tok..! Anggaran Pilkada Sumenep 2024 Tembus Rp 70 Miliar
Ketua KPU Sumenep, Dr. Rahnini, Saat Dikonfirmasi di Kantornya. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, KanalNews.id – Akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, menyepakati anggaran Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2024 tembus Rp 70 Miliar. Senin, 18 September 2023.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisioner KPU Sumenep, Dr. Rahbini, setelah proses perjalanan panjang akhirnya sudah ada kesepakatan dengan Pemkab Sumenep terkait anggaran Pilkada 2024.

Bacaan Lainnya

“Sudah ada kesepahaman dan kesepakatan dari beberapa kali rapat bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Sumenep. Dana Pilkada 2024 sebesar Rp 70 miliar,” kata Ketua KPU Sumenep, Rahbini, kepada awak media. Senin (18/09/2023).

Lebih lanjut, Rahbini menjelaskan, bahwa awalnya KPU Sumenep mengusulkan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp 110 miliar dan dirasionalisasi menjadi Rpv82 miliar lebih setelah rapat bersama TAPD Pemkab Sumenep.

Hanya saja, usulan Rp82 miliar lebih itu ternyata masih diminta untuk dirasionalisasi dan diusulkan lagi menjadi Rp72 miliar.

“Kami ternyata diminta merasionalisasi lagi usulan tersebut dan akhirnya diputuskan dana pilkada 2024 sebesar Rp70 miliar. Angka ini sudah fix. Kami bersama TAPD sudah sepakat,” ungkapnya menegaskan.

“Saat ini KPU Sumenep hanya tinggal menunggu penetapan waktu untuk penandatanganan nota hibah dana Pilkada 2024 dari pemerintah daerah,” imbuhnya menegaskan.

Adapun beberapa item rencana kegiatan yang dirasionalisasikan oleh KPU Sumenep, sambung Rahbini, dintaranya peluncuran Pilkada di dua tempat, yakni Kepulauan dan Daratan dijadikan satu tempat yaitu didaratan, sewa gedung untuk rakor, dan sewa mobil.

“Kalau untuk estimasi dana distribusi logistik pilkada, utamanya ke kepulauan, tak bisa diutak-atik. Bisa ada peluang pembahasan lagi jika kondisi cuaca laut buruk,” jelas Rahbini.

Untuk diketahui, anggaran Pilkada 2024 di kabupaten ujung timur Pulau Madura ini lebih besar dibanding Kabupaten Sampang yang hanya Rp 40 miliar lebih.

Besaran anggaran tersebut mencapai Rp 70 Miliar karena Kabupaten Sumenep memiliki jumlah penduduk dan wilayah yang lebih luas. (Hil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *