Rawat Kesenian Tradisional, Pemkab Sumenep Bakal Gelar Festival Hadrah Klasik, Ini Jadwal Pelaksanaannya

Hadrah Klasik
Flayer Festival Hadrah Klasik yang Bakal Digelar Pemkab Sumenep Pada Sabtu Malam Minggu Ini. (Foto: Istimewa For Kanal News)

SUMENEP, KanalNews.id – Guna merawat dan kekayaan budaya dan kesenian tradisional, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, terus berupaya menjaga kelestariannya dengan menggelar ratusan event di tahun 2024 ini.

Salah satu kesenian lokal atau tradisional yang dimiliki oleh kabupaten paling ujung pulau Madura itu adalah kesenian hadrah, yaitu kesenian musik islami yang melantunkan shalawat nabi yang diiringi tabuhan rebana dan jidur.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, bahwa musik hadrah adalah salah satu seni musik yang digemari oleh masyarakat Madura saat ini terutama masyarakat Sumenep.

Musik hadrah di kalangan masyarakat Sumenep kerapkali digunakan untuk mengiringi kegiatan-kegiatan besar, semisal penyambutan jama’ah haji dari Mekkah ataupun perkawinan serta beberapa pengajian akbar di Sumenep.

Oleh sebab itu, untuk melestarikan dan merawat kesenian tradisional tersebut Pemkab Sumenep bakal mengelar fastival Hadrah Klasik yang akan bertempat di Pendopo Keraton Sumenep.

“Sesuai jadwal kalender event tahun 2024 ini, Festival Hadrah Klasik akan digelar pada Sabtu Malam (23/03/2024) mulai jam 20.30 WIB sampai selesai di Pendopo Keraton Sumenep, ” kata Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan, kepada KanalNews.id melaui aplikasi WhatsApp-nya. Kamis (21/03/2024).

Lebih lanjut, Iksan panggilan akrabnya menjelaskan, selain untuk melestarikan kesenian tradisional, tujuan dari digelarnya Festival Hadrah Klasik juga untuk mengedukasi masyarakat Sumenep utamanya para generasi muda agar mengetahui berbagai kesenian yang ada di Sumenep.

“Pada pagelaran ini kami juga sengaja mengundang siswa-siswi SMA agar menonton Festival Hadrah Klasik ini agar mereka bisa mengetahui dan mengenal seni musik Hadrah warisan leluhur Sumenep, ” ungkapnya.

Sementara konsep dari Festival Hadrah Klasik ini, Sambung mantan Kepala Dinas Sosial itu, direncanakan semua grub hadrah akan diarak mulai dari depan TK Pertiwi Jalan Dr. Sutomo menuju Pendopo Keraton Sumenep.

“Rencananya nanti para peserta grup Hadrah Klasik itu akan diarak sampai Pendopo Keraton Sumenep untuk menyambut Kedatangan yang terhormat Bapak Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo,” paparnya.

“Kemudian nanti setiap grup Hadrah Klasik akan tampil di Pendopo Keraton Sumenep untuk menunjukkan kebolehannya di depan Bapak Bupati dan para undangan masing-masing grup di kasih waktu 30 menit, ” timpal Iksan.

Adapun grup Hadrah yang akan tampil di Festival Hadrah Klasik itu ada 5 grub yang didatangkan daei 5 Kecamatan di Kota Keris.

Berikut 5 Grub Hadrah yang akan tampil pada Festival Hadrah Klasik pada Sabtu Malam (23/03/2024) besok, diantaranya;

1. Nurul Karomah dari Kecamatan Gapura.

2. Ar Ridwan dari Kecamatan Kota.

3. Nurul Jadid dari Kecamatan Lenteng.

4. Nurul Barokah dari Kecamatan Dasuk.

5. Mamba’ul Ulum dari Kecamatan Saeonggi.

Oleh sebab itu, kepada semua masyarakat Sumenep ayo datang dan saksikan Festival Hadrah Klasik yang akan digelar oleh Pemkab Sumenep di Pendopo Keraton pada Sabtu malam minggu ini. (*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *