Hadapi Cuaca Ekstrem, Dinkes P2KB Sumenep Pastikan Stok Ketersediaan Obat dan Tabung Oksigen Aman

Dinkes P2KB Sumenep
Salah Satu ASN Saat Melintas di Samping Kantor Dinkes P2KB Sumenep. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Beberapa minggu terkahir ini, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dilanda cuaca ekstrem.

Akibatnya beberapa sektor seperti pertanian, kesehatan hingga penyakit seperti demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk mulai bermunculan.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi segala kemungkinan yang disebabkan cuaca ekstrem Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Sumenep, memastikan stok ketersediaan kebutuhan dasar seperti obat-obatan, cairan infus dan tabung oksigen di semua puskesmas aman.

Seperti disampaikan Plt Kepala Dinkes P2KB Sumenep, Eri Susanto, melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Nur Insan menyampaikan, bahwa ketersediaan stok obat dan tabung oksigen disemua Puskesmas di Sumenep aman.

Baca Juga :  Camat Ganding Bersama MWCNU Ganding Salurkan 699 Zakat Fitrah

“Untuk menghadapi cuaca ekstrem ini, kami sudah memastikan kepada seluruh Kepala Puskesmas bahwa stok obat dan tabung oksigen aman,” katanya kepada KanalNews.id. Kamis (21/03/2024).

Terutama, sambung Nur Insan menjelaskan, bahwa di 8 Puskesmas daerah Kepulauan Sumenep dirinya juga memastikan bahwa stok ketersediaan obat dan oksigen masih aman.

“Untuk 8 Puskesmas yang di Kepulauan, saya sudah menghubungi masing Kapus (Kepala Puskesmas, red) dari sebelumnya itu agar menyediakan stok kebutuhan,

“Jangan sampai ketersediaan obat-obatan, cairan seperti infus dan tabung oksigen yang menjadi kebutuhan dasar itu terjadi kekosongan. Jadi ketersediaan,” imbuh Kabid SDK Dinkes P2KB Sumenep.

Baca Juga :  Melalui Disperkimhub, Bupati Fauzi Berikan Layanan Mudik Gratis Bagi Warganya, Catat Jadwal Keberangkatannya Disini

Pihaknya mengutamakan untuk daerah Kepulauan, sebab menurutnya dengan kondisi cuaca ekstrem transportasi laut terganggu sehingga sulit untuk mengirim kebutuhan dasar di Puskesmas Kepulauan.

“Jadi ketersediaan stok di Kepulauan untuk saat ini kami utamakan, sebab lebih sulit untuk mendapatkan kebutuhan dasar itu jika tidak punya stok yang cukup, ” ungkapnya.

Kendati demikian, untuk ketersediaan stok kebutuhan dasar seperti Cairan Infus, Obat-obatan dan Tabung Oksigen di Puskesmas daratan menurutnya juga masih aman.

“Sementar untuk daratan bukan berarti abai, tapi stok ketersediaan kebutuhan dasar untuk Puskesmas daratan juga aman dan kami siapkan di FK Manding, ” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *