Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 di Sumenep Berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 di Sumenep Berlangsung Khidmat
Detik-detik Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Kabupaten Sumenep. (Foto - Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78. Kamis 17 Agustus 2023.

Peringatan upacara peringatan HUT RI ke-78 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sumenep itu berlangsung khidmat.

Pantauan media KanalNews.id di lokasi, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan itu dipimipin langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo sebagai inspektur upacara.

Hadir pula pada momentum samangat perjuangan itu, Wakil Bupati Sumenep, Nyai. Hj. Dewi Khalifah, Forkopimda, segenap pimpinan OPD, BUMD, serta melibatkan anak-anak siswa dan siswi dengan memakai baju Adat nusantara.

Sebelum upacara peringatan hari kemerdekaan itu dimulai, terlebih dahulu diawali dengan penampilan tari muang sangkal yang merupakan tarian khas Kabupaten Sumenep.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, Bupati Jember Resmikan Gedung Bapenda

Kemudian pada pelaksanaan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan itu ditandai dengan bunyi sirine pada pukul 09.55 WIB selama 1 menit.

Selanjutnya pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumenep, Abdul Hamid Ali Munir.

Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 di Sumenep Berlangsung Khidmat
Prosesi Pengibaran Sang Saka Merah Putih Oleh Pasukan Paskibraka. (Foto: Kanal News).

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang berasal dari perwakilan siswa-siswi terpilih dari SMA sederajat se-Kabupaten Sumenep

Usai upacara peringatan hari kemerdekaan tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan peringatan HUT RI tahun ini, pihaknya mengundang siswa dengan berpakaian baju adat dari berbagai daerah.

Baca Juga :  Mau Berobat di Hari Libur, Jangan Hawatir.! Melalui Poli Gabung RSUD Moh Anwar Tetap Layani Pasien

“Hari ini kita undang anak-anak siswa yang tujuannya untuk memberikan edukasi agar mareka memahami makna kemerdekaan yang telah diamanahkan oleh pejuang kita agar mereka merayakan kemerdekaan ini dengan kebahagiaan, ” kata Bupati Sumenep kepada awak media. Kamis (17/08/23).

Disinggung soal kado khasus yang diberikan Pemkab Sumenep untuk Indonesia, Cak Fauzi panggilan akrab Bupati Sumenep mengatakan, bahwa kesejahteraan masyarakat Kota Keris telah dipersembahkan dengan bukti angka kemiskinan semakin menurun.

“Kado khusus dari Kabupaten Sumenep, tentu terkait dengan kesejahteraan. Itu kado khusus kemerdekaan yang bisa kami berikan bagi masyarakat kita,” ungkapannya.

Baca Juga :  BCC Kedatangan Tamu Studi Banding Nasabah PNM Cabang Banyuwangi, Mojokerto dan Denpasar

“Bagaimana pertumbuhan ekonomi kita lebih baik, IDM kita membaik, angka kemiskinan juga lebih baik, serta stunting kita juga lebih baik sesuai dengan yang ditargetkan oleh Presiden, ” Pungkasnya. (Hil/Red). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *