Soal Jalan Rusak, Begini Respon Pemdes Karangnangka

Soal Jalan Rusak, Begini Respon Pemdes Karangnangka
Pemdes Karangnangka Merespon Persoalan Jalan Rusak di Desanya. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Setelah ramai dipemberitaan, akhirnya Pemerintah Desa (Pemdes) Karangnangka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, memberikan respon atau klarifikasi terkait rusaknya jalan di Desanya. Kamis, 24 Agustus 2023.

Klarifikasi tersebut disampaikan Pemdes Karangnangka dengan mengirim komentar ke redaksi Media KanalNews.id atas berita yang terbit pada Senin (21/08/2023) kemarin dengan judul “Jalan Rusak di Desa Karangnangka Rubaru Bertahun-Tahun Dibiarkan Rusak, Warga Ancam Demo”.

Bacaan Lainnya

Dalam komentarnya, Pemdes Karangnangka mengkalaim bahwa pihaknya tidak pernah tutup mata terhadapat pembangunan di Dusun yang saat ini jalannya lagi rusak.

“Kami tidak pernah tutup mata kawan. Untuk pembangunan di dusun tersebut tiap tahunnya sudah ada perbaikan jalan,” tulis akun email trismaualana05@gmail.com yang mengatasnamakan Pemdes Karangnangka. Selasa (22/08/2023) kemarin.

Bahkan Pemdes Karangnangka dengan tegas menklaim bahwa kalau bicara pembangunan, di Dusun yang saat ini jalannya rusak itu setiap tahunnya lebih banyak dari pada Dusun lainnya.

“Bahkan pertahunnya di dusun tersebut lebih banyak pembangunannya dari pada dusun yang lainnya,” tegas Pemdes Karanangka dalam komentar tertulisnya.

Tidak hanya itu, Pemdes Karangnangka juga menyampaikan bahwa di Desanya ada tiga Dusun, jadi menurutnya pembangunan harus merata di tiga Dusun tersebut.

“Di Desa Karangnangka ada tiga dusun kalo kita fokus sama satu dusun terus dusun yang lain mau jadi apa?,” ujarnya mengimbui tanda tanya.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya, bahwa Jalan rusak di Desa Karangnangka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, telah menjadi permasalahan yang memprihatinkan selama bertahun-tahun. Senin, 21 Agustus 2023.

Rusaknya jalan Desa yang parah itu dapat menghambat mobilitas warga dan mengganggu aktivitas perekonomian di daerah tersebut.

Meskipun telah dilaporkan berulang kali kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Karangnangka, namun tidak ada tindakan yang signifikan dilakukan untuk memperbaiki jalan Desa tersebut.

Lukman sebagai ketua Komunitas Arek-Arek Karangnangka (ARKA) yang peduli dengan kondisi masyarakat setempat, merasa tidak puas dengan respons pemerintah terhadap masalah ini.

Ia meminta Plt Camat Rubaru Indra Hermawan menegur Pemdes Karangangka agar segera mengambil tindakan yang konkret dalam memperbaiki jalan tersebut.

“Sampai sekarang tidak ada progres yang kelihatan untuk memperbaiki jalan desa yang rusak bertahun-tahun. Padahal sudah berkali-kali kita sampaikan kepada desa dan camat terkait beberapa titik jalan desa yang rusak parah, tapi nyatanya tetap tidak direspon,” tegas Lukman.

Ia mengakui bahwa Pemdes Karangnangka memang akan memperbaiki jalan, namun yang akan diperbaiki bukan jalan Desa yang rusak dan sering dikeluhkan oleh warga.

“Saya lihat jalan yang akan diperbaiki yaitu jalan ke selatan dari balai desa. Padahal jalan itu masih kategori belum rusak parah dibandingkan jalan perbatasan dengan Desa Rubaru tepatnya jalan yang mengarah ke sekolah SD 1 Karangnangka. Begitu juga jalan desa di RT 6 utara masjid Al-Mubarokah. Indra Hermawan sebagai PLT camat sudah tau jalan itu yang rusak parah, tapi tetap belum ada progres,” paparnya.

Lukman mengingatkan Pemerintah Desa Karangnangka untuk segera merespons desakan ini dengan serius. Tindakan yang konkret dan tanggap harus diambil untuk memperbaiki jalan tersebut demi kepentingan masyarakat.

Dalam hal ini, peran Plt camat Rubaru sangatlah penting dalam memastikan penyelesaian masalah tersebut.

Menurut Lukman, pemerintah diharapkan dapat bekerja sama dengan masyarakat setempat dalam mencari solusi yang tepat dan efektif. Perbaikan jalan di Desa Karangnangka yang rusak itu bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan kebutuhan mendesak bagi kesejahteraan dan kemajuan desa tersebut.

Disinggung jika belum juga ada respon dari pemerintah, Lukman mengancam akan menggelar demonstrasi. Menurutnya, aksi demo merupakan bentuk terakhir dari kekecewaan dan ketidakpuasan atas lambannya penanganan masalah ini.

Ia berharap agar aspirasinya didengarkan dan diindahkan oleh pemerintah, sehingga jalan di desanya yang diduga rusak parah itu dapat segera diperbaiki dan kehidupan masyarakat setempat dapat kembali normal.

Lukman menambahkan, desakan tersebut dapat memotivasi pemerintah untuk segera mengambil tindakan yang diperlukan guna memperbaiki jalan desa yang rusak dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Desa Karangnangka.

Dihubungi secara terpisah, Plt Camat Rubaru Indra Hermawan menegaskan bahwa dirinya komitmen membangun desa, terutama soal jalan yang masuk kategori prioritas untuk diperbaiki. Ia mengakui sudah berulangkali mengingatkan pemdes Karangnangka agar memperbaiki jalan prioritas yang rusak parah.

“Kalau saya tetap komitmen, untuk memperbaiki jalan desa yang rusak, dan sudah saya sampaikan di berbagai kesempatan” tegasnya.

Ia menyampaikan,kalau diambilkan dari APBDes memang tidak cukup apa lagi ada penurunan dana desa tahun ini.

“Saya sudah tegaskan kepada kades Karangnangka agar dicarikan dari dana lain, karena jalan itu merupakan jalan yang rusak parah yang menjadi prioritas,” pungkasnya. (Hil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *