Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik Nasional, Menparekraf Ingin Keris Aeng TongTong Jadi Souvernir G20

Sumenep, Kanalnews.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI), menobatkan Desa Wisata Keris Aeng TongTong, Kecamatan Seronggi, Kabupaten Sumenep, masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik Nasional.

Untuk itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Wisata Keris di Desa Aeng TongTong, kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Selasa (24/5/2022) sore.

Adapun kunjungannya ke Desa Wisata Keris adalah dalam rangka memberikan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 karena sudah masuk 50 besar desa wisata terbaik Nasional

Penganugerahan itu ditandai dengan penandatanganan prasasti Menteri Sandi disaksikan Bupati Sumenep dan sejumlah pejabat kementerian pariwisata di Sumenep

Bahkan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berjanji akan membumikan keris Aeng Tongtong Sumenep agar digandrungi kaum milenial, karena masuk warisan budaya nusantara yang sudah diakui Unisco.

Baca Juga :  Polemik Pembangunan Tambak, Warganet Sebut Kades Gersik Putih Jangan Sok Berkuasa dengan Jabatannya

“Mudah-mudahan nanti bisa dikemas lebih kecil agar bisa dibawa kemana-mana, termasuk dijadikan souvenir,” kata Sandi.

Oleh sebab itu, Mas Menteri Sandi panggilan akrabnya, ingin menjadikan keris Aeng Tongtong untuk dijadikan souvenir di perhelatan bergengsi G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Untuk itu, sambung Menparekraf Sandi, dirinya berjanji akan membuatkan payung hukum agar keris bisa dibawa kemana saja, karena telah menjadi produk unggulan ekonomi kreatif Indonesia.

“Saya bersama bapak Bupati Sumenep akan hadirkan regulasi melalui kebijakan strategis, keris akan menjadi bagian dari souvenir produk unggulan Indonesia,” imbuhnya.

Bahkan Secara spesifik, Mas Menteri Sandi akan memesan 20 kerajinan keris Desa Asal Aeng Tongtong itu untuk dijadikan souvenir di perhelatan G20, dengan konsep yang perlu disesuaikan agar mudah dibawa dan diperkenalkan di mata dunia.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Minta Penyaluran BLT-DD Harus Tepat Waktu

“Karena G20 terdiri dari 20 negara, kami akan pesan 20 keris untuk dijadikan souvenir, kami akan koordinasikan dulu nanti,” tandasnya.

Merespon keinginan Menparekraf Sandi, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan terima kasih atas support Menparekraf untuk memperkenalkan keris Aeng Tongtong di acara G20.

“Ini menarik dan kabar baik, kami pasti support jika keris Aeng Tongtong dijadikan souvenir G20, mungkin ukurannya akan diperkecil biar bisa dibawa ke luar negeri oleh tamu undangan G20,” kata Bupati Fauzi kepada awak media.

Dijelaskan orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini, Desa Wisata Aeng Tongtong memiliki keunikan tersendiri bahkan tidak ada duanya di Indonesia.

“Desa Wisata Keris Aeng TongTong ini mungkin satu-satunya desa wisata unggulan yang tidak ada di kabupaten lain bahkan di Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lakukan Penyegaran, Bupati Sumenep Lima Pimpinan OPD

Untuk itu, Politisi muda PDI Perjuangan ini mengajak seluruh wisatawan lokal hingga mancanegara untuk berkunjung ke kota keris, menikmati segala potensi yang dimiliki.

“Ayo ke Sumenep, pastinya kami memiliki sesuatu yang berbeda dengan daerah lain,” pungkasnya. (KN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *