Efek Event Wisata 2023, Ratusan Wisman Mulai Berkunjung ke Sumenep

Ratusan Wisman Berkunjung ke Sumenep
Kepala Disbudporapar Sumenep Mohammad Iksan, Saat Bersantai di Emper Museum Keraton Sumenep. (Foto : Kanal News)

Sumenep, kanalnews.id – Hari ini, (Rabu, 01/03/2023) Ratusan wisatawan mancanegara (Wisman) berkunjung ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Berkunjungnya wisman dari beberapa negara itu ke Kabupaten paling ujung pulau Madura merupakan efek positif dari Kalender Of Event 2023 Sumenep Masa Kejayaan.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Mohammad Iksan menyampaikan, bahwa kunjungan wisman kali ini merupakan yang pertama kali di tahun 2023.

“Alhamdulillah berkat beberapa event kalender wisata 2023 yang sudah di gelar, hari ini sebanyak 116 Wisman sudah berkunjung ke Sumenep,” katanya kepada kanalnews.id. Rabu (01/03/2023).

Baca Juga :  Kiai Kampung Bersama DPP Rejo Semut Ireng Situbondo Deklarasi Menangkan Prabowo - Gibran

“Ratusan Wisman itu berasal dari Amerika dan Australia, Meraka rencananya akan mengunjungi Museum Keraton Sumenep, Masjid Jami’ dan Asta Tinggi,” imbuh Kepala Disbudporapar.

Saat tiba di Sumenep, sambung Iksan panggilan akrabnya menjelaskan, para wisatawan itu disambut dengan beberapa kesenian, kebudayaan, kuliner kerajinan kerajinan khas Sumenep.

“Setibanya di Pendopo Agung Keraton Sumenep, kami suguhkan kesenian tradisional yaitu Saronen dan juga kami suguhkan kuliner khas sumenep seperti apen dan ketas,” ujar Iksan.

Baca Juga :  Catatan Fauzi AS ; Bau Amis Dosa Oknum Pejabat Pemkab

Tak hanya itu, mantan aktivis PMII itu juga menjelaskan, para wisatawan juga disuguhkan dengan kerajinan tradisional asli Sumenep, yaitu kerajinan keris dan membatik.

“Untuk batik tadi banyak turis yang membeli bahkan ada yang borong berapa motif batik kha Sumenep. Tapi untuk keris hanya kami perlihatkan saja, sebab masuk kategori senjata,” ungkapnya.

Kunjungan wisatawan mancanegara, menurutnya sangat bagus untuk mendongkrak pergerakan ekonomi sektor pariwisata di Kabupaten yang dijuluki Kota Keris itu.

“Semoga kedepannya lebih banyak lagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke Sumenep,” harap mantan Kepala Dinsos Sumenep itu. (Hil/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *