Bersama Forum MMS, DPMD Sumenep Lakukan Monev Replikasi BUMDes Berbasis Masyarakat

Forum MMS
Sesi Foto Bersama Forum MMS, DPMD Sumenep, Pemdes Karduluk Serta Pengurus BUMDes Karya Lestari. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, bersama Forum MMS (Masyarakat Madani Sumenep) lakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Replikasi BUMDes berbasis masyarakat.

Diketahui, DPMD Sumenep bersama Forum MMS tersebut melakukan monev terhadap BUMDes Karya Lestari Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, pada Rabu, 15 November 2023 lalu.

Bacaan Lainnya

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala DPMD Sumenep yang diwakili Kabid PUEKD DPMD Sumenep, Fadhali, Perwakilan Tim Forum MMS, Kepala Desa Karduluk, Ahmad Faruq, Ketua serta seluruh anggota BUMDes Karya Lestari.

Pada kesempatan itu, Kabid PUEKD DPMD Sumenep, Fadhali mengatakan, bahwa kegiatan monev tersebut dalam rangka memastikan bahwa program replikasi BUMDes berbasis masyarakat berjalan lancar di Desa Karduluk.

“Monev ini tujuannya adalah melakukan komunikasi dan duduk bersama, tidak dalam rangka memberikan materi. Artinya duduk bersama dalam mencari solusi bersama, siapa tahu ada program pengembangan perlu dikaji kembali, ” katanya saat memimpin monev tersebut.

Lebih lanjut, Fadhali menjelaskan, dalam pengelolaan BUMDes sejatinya butuh keseriusan dan semangat pengurus serta melibatkan semua unsur masyarakat sehingga dapat berjalan sesuai harapan masyarakat.

“Sebagai pengelola BUMDes harus tetap semangat. Sebab untuk memajukan BUMDes dibutuhkan kesiapan dari pengurus. Jadi jangan salah orang untuk diajak menjadi mitra BUMDes,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Perwakilan Forum MMS, Rosinah menyampaikan, bahwa kegiatan monev merupakan penggalian tentang manajemen , partisipasi, pelibatan atau perekrutan kepengurusan, dan partisipasi masyarakat dalam menentukan rencana-rencana BUMDes.

“Kegiatan monev ini merupakan tindak lanjut dari program Replikasi BUMDes berbasis masyarakat yang di inisiasi oleh Forum MMS di 10 Desa di Kabupaten Sumenep, termasuk BUMDes Karya Lestari di Desa Karduluk ini, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Karduluk Ahmad Faruq, berharap melalui program replikasi BUMDes berbasis masyarakat dapat mendorong BUMDes Karya Lestari semakin maju dan berkembang.

“Semoga kegiatan ini kedepan dapat menghasilkan pengembangan BUMDes Karya Lestari, ” harap Kades Faruq dalam sambutannya. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *