Polresta Banyuwangi Launching Polisi RW

Polresta Banyuwangi Launching Polisi RW
Polresta Banyuwangi Launching Polisi RW di Ruang Rupatama Wira Pratama. (Foto : Dhonny - Kanal News).

BANYUWANGI, kanalnews.id – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi, launching Polisi RW atau polisi jaga warga, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, di ruang Rupatama Wira Pratama, Senin (22/5/2023).

Polisi RW adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menjaga pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dilingkup yang lebih dekat dengan masyarakat.

Sehingga dengan launching Polisi RW kali ini Polresta Banyuwangi semakin intensif dalam mencegah tindak kejahatan. Dari program Polisi RW ini juga semakin mendekatkan polisi kepada masyarakat sehingga semakin menambah rasa aman dan nyaman.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa melalui Wakapolresta, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, program Polisi RW dibentuk sebagai upaya dari kepolisian untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berada di lingkungan wilayah RW, ataupun yang setingkat dengan RW, di semua desa dan kelurahan yang ada di Banyuwangi.

Baca Juga :  Melalui Bappeda, Pemkab Sumenep Gelar RPJPD Tahun 2025-2045 dan RKPD 2025

“Polisi RW ini bertugas untuk dapat mewujudkan lingkungan yang aman, kondusif dan sehat, bersama-sama dengan ketua RW setempat dan seluruh elemen masyarakat,” kata AKBP Dewa, sapaan akrab Wakapolresta Banyuwangi.

Dewa menjelaskan, Polisi RW dalam menjalankan tugas menyesuaikan lingkungan dengan pendataan potensi gangguan Harkamtibmas, serta akan berkordinasi dan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Babinsa utamanya terkait informasi.

“Polisi RW Banyuwangi, untuk meminimalkan gangguan, ancaman, maupun hambatan sehingga masyarakat bisa hidup, tumbuh, serta berkembang dalam produktivitas masing-masing,” terangnya.

Baca Juga :  Hadapi Cuaca Ekstrem, Dinkes P2KB Sumenep Pastikan Stok Ketersediaan Obat dan Tabung Oksigen Aman

Program Polisi RW, tambah Dewa, merupakan salah satu langkah kepolisian yang lebih mengutamakan pencegahan kejahatan dari pada penegakan hukum.

Selain itu, Polisi RW juga bisa diminta untuk membantu tugas-tugas pemerintah daerah di tingkat RW, semisal memberikan saran untuk pemberdayaan ekonomi warga, membantu program kesejahteraan masyarakat dan program strategis lain di tingkat RW.

“Keberhasilan polisi itu adalah saat ia mampu mencegah kejahatan. Kita harapkan dengan adanya Polisi RW, Banyuwangi semakin kondusif dan aman,” jelasnya.

Program baik yang merupakan program Polri ini merupakan langkah nyata dalam menjalin kedekatan antara polisi dengan masyarakat.

Oleh sebab itu Polresta Banyuwangi, mengajak seluruh personil Polisi RW dalam melaksanakan tugas dengan ikhlas dan bertanggung jawab dan menjaga kepercayaan masyarakat dengan memberikan layanan terbaik.

Baca Juga :  Memanas..! Ketua Fraksi PDIP Sebut Kades Aeng Panas Terlalu Arogan

“Dengan kerjasama yang baik, bakal tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh warga, sehingga bisa meminimalisir tindak kejahatan,” pungkasnya. (Dhonny/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *