Pantarlih KPU Beltim Lakukan Coklit Kepada Keluarga Bupati Burhanudin

Pantarlih KPU Beltim Lakukan Coklit Kepada Keluarga Bupati Burhanudin
Sesi Foto Bersama Bupati dan KPU Beltim serta PPK, PPS dan Pantarlih Desa Mayang Usai Dilakukan Coklit. (Foto : Kanal News).

Beltim, kanalnews.id – Memasuki tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mendampingi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan Coklit kepada Keluarga Bupati Beltim, Burhanudin. Sabtu (18/02/2023).

Pantai media kanalnews.id, saat mengunjungi rumah Bupati Beltim, selain didampingi KPU Beltim, Pantarlih Desa Mayang tersebut juga di dampingi oleh PPS Desa Mayang, PPK Kecamatan Kelapa Kampit dan Komisaris Bawaslu Beltim.

Selama dilakukan pencoklitan kurang lebih selama 30 menit, Bupati Beltim didampingi istrinya menjawab dan memberikan data diri sesuai yang diminta Pantarlih.

Usai dilakukan pencoklitan, Bupati Aan panggilan akrab Bupati Beltim menyampaikan, proses coklit merupakan pendataan awal calon pemilih. Coklit ini sangat penting untuk menjamin hak pilih sebagai warga negara.

“Jangan sampai kita sebagai warga negara tidak terdata dan terdaftar sebagai pemilih. Kita pun wajib ikut mensukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024,” kata Bupati Beltim, Jum’at (17/2/23) Malam.

Baca Juga :  Jadi Parpol Pertama Daftarkan Bacaleg ke KPU Sumenep, Nasdem Optimis Meraih 9 Kursi

Lebih lanjut, Bupati Aan mengimbau, agar para pemilih yang didatangi Pantarlih dapat menyiapkan KTP Elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Tujuannya agar saat proses Coklit jadi lebih mudah dan cepat.

“Tolong disiapkan KK-nya, siapkan KTP agar prosesnya lebih cepat, karena hanya diberikan rentang waktu satu bulan,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Beltim Rizal menyampaikan, bahwa sesuai Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pemilu 2024, ada sekitar 95.876 pemilih di Kabupaten Beltim yang akan jadi sasaran Pantarlih.

“Sesuai jadwal pelaksanaan Coklit data pemilih dimulai sejak Minggu, 12 Februari 2023 kemarin dan akan berakhir pada 14 Maret 2023 mendatang,” kata Rizal, Sabtu (18/2/23).

Baca Juga :  Apresiasi Festival ke-Bhinnekaan, Bupati Beltim Berikan Penghargaan Pada 12 Paguyuban

Untuk mensukseskan tahapan coklit, sambung Rizal, KPU Beltim sudah menyiapkan 359 orang Pantarlih yang sudah siap mendatangi warga dari rumah ke rumah.

“Kalau secara teknis tidak ada yang berbeda dari coklit sebelumnya. Kita sudah menginstruksikan kepada Pantarlih untuk datang door to door sehingga tidak ada pemilih yang terlewat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rizal menjelaskan, warga atau pemilih yang sudah terdata serta selesai di coklit akan diberikan bukti tanda terima sudah terdaftar sebagai pemilih. Pantarlih pun akan menempelkan stiker di rumah.

“Setelah pelaksanaan coklit selesai nanti akan keluar Data Pemilih Sementara. Bagi warga yang namanya tidak ada di data tersebut dapat menghubungi Panitia Pemungutan Suara atau KPU Beltim,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bersama Forum MMS, DPMD Sumenep Lakukan Monev Replikasi BUMDes Berbasis Masyarakat

Menurut Rizal, tahap coklit sudah disosialisasikan jauh hari sebelumnya. KPU Beltim bahkan meminta kepada tokoh masyarakat untuk ikut mensosialisasikan dan mensukseskan Coklit.

“Kita sudah mensosialisasikan tahapan ini, bahkan sudah secara simbolis mendatangi tokoh-tokoh masyarakat. Harapan kita tokoh masyarakat bisa memberikan informasi yang benar terkait Coklit,” harap Rizal. (Imran/KN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *