Miliki Potensi Energi Terbarukan, Banyak Investor Tertarik Berinvestasi di Babel

Miliki Potensi Energi Terbarukan, Banyak Investor Tertarik Berinvestasi di Babel
PJ Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu Saat Bertemu Dengan Calon Investor dari PT Indo Premier Sekuritas. (Fot: Ist For Kanal News).

BABEL, KanalNews.id – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memilik potensi investasi energi terbarukan dan sejumlah sektor lainnya, sehingga dapat menarik perhatian investor untuk berinvestasi di daerah ini. Selasa, 03 Oktober 2023.

Ketertarikan investor terhadap potensi yang dimiliki Babel, disampaikan langsung Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu usai bertemu dengan calon investor yang merupakan pendiri PT Indo Premier Sekuritas, Nixon J Silfanus di Rumah Makan Bebek Tepi Sawah, Lot 1 Soekarno-Hatta International Airport, Provinsi Banten, Senin (2/10/2023) kemarin.

Pj Gubernur Suganda menuturkan dari pertemuan tersebut, para investor tersebut mengaku serius untuk berinvestasi di sektor energi baru terbarukan di Babel.

Baca Juga :  Catat Jadwalnya, Jadwal Pendaftaran Seleksi PPPK Kabupaten Jember Diperpanjang

“Adapun energi terbarukan yang akan dijajaki mereka yakni pengembangan usaha tanaman bambu di lahan eks tambang,” kata PJ Gubernur Babel dalam keterangan rilisnya. Senin (02/10/23).

Sebagaimana diketahui, sambung PJ Suganda panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa tanaman bambu saat ini tak hanya berfungsi sebagai penghias rumah tangga saja.

Akan tetapi bambu juga merupakan tumbuhan yang sangat berguna dalam menghijaukan tanah-tanah yang tidak produktif atau telah terdegradasi.

“Perkebunan bambu juga memberikan manfaat yang luas, tumbuh cepat, dan dapat dipanen dalam waktu singkat, ” ujarnya dengan tegas.

Baca Juga :  Buka Ijtima' Ulama Komisi Fatwa VIII di Babel, Ini Pesan Wapres Ma'ruf Amin

Selain itu, sambung Pj. Suganda, bambu dapat dijadikan panel, lantai, biofuel, furnitur. Kebun bambu itu sendiri dapat menjadi lokasi carbon catchment yang memiliki nilai ekonomi.

Bahkan pihaknya juga berkomitmen penuh untuk terus mengakselerasi Provinsi Babel dalam rangka transisi menuju energi bersih dan terbarukan.

Ia juga optimistis, investasi di sektor energi baru itu akan terus berkembang di Babel. Terutama, karena Babel memiliki pangsa pasar cukup besar.

“Silakan kalau para investor tersebut ingin meninjau lapangan dan bertemu dengan Bupati setempat. Prinsip kami kalau masyarakat mendukung, kami akan fasilitasi,” pungkasnya. (Imr/Red). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *