Masuk Pasar Internasional, Kepala DKPP Sumenep Beberkan Keunggulan Bawang Merah Varietas Rubaru

Masuk Pasar Internasional, Kepala DKPP Sumenep Beberkan Keunggulan Bawang Merah Varietas Rubaru
Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Kepala DKPP Sumenep Arif Firmanto, Saat Panen Raya Bawang Merah Varietas Rubaru beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, kanalnews.id – Patut diacungi jempol, Bawang Merah Varietas Rubaru, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai masuk pasar internasional.

Oleh sebab itu, para petani di Kecamatan Rubaru mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto. Rabu (05/04/2023).

Menurut Arif panggilan Akrabnya menjelaskan, Bawang Merah Varietas Rubaru memiliki berbagai macam keunggulan yang tidak dimilik varietas bawang merah lainnya. Sehingga Bawang Merah Varietas Rubaru itu bisa masuk pasar internasional.

Baca Juga :  YLBH Madura Berang, Kadis PUPR Sumenep 'Cuek' Soal Proyek Jalan Rp 13 Miliar

“Saat ini petani Rubaru sudah mampu memproduksi Bawang Merah yang diberinama Varietas Rubaru yang memiliki berbagai macam keunggulan,” kata Arif kepada awak media. Rabu (05/04/2023).

Lebih lanjut, Arif membeberkan, keunggulan Bahwa Merah Varietas Rubaru itu memiliki daya tahan lebih kuat saat diserang semua jenis penyakit tanaman.

“Bawang merah varietas rubaru lebih komparatif dan lebih memiliki daya tahan terhadap penyakit,” ungkapnya.

Dengan berbagai macam keunggulan tersebut, Arif optimis varietas bawang merah ala Rubaru itu nantinya akan tembus di pasar internasional.

Baca Juga :  Siswa Berbagi, OSIS MTs Nurul Huda Lenteng Bagi-bagi Takjil Bagi Pengendara Motor

“Ke depannya, varietas ini akan tembus di pasar ekspor,” ujar Arif menegaskan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Batu Langit, Desa Lebeng Barat, Kecamatan Pasongsongan, Abdul Adim, terus memotivasi para petani lainnya agar memaksimalkan budidaya dan penanaman bawang varietas rubaru.

“Tanaman ini mulai diminati kalangan masyarakat, gampang jualnya dan gampang cara tanamnya,” ujarnya singkat. (Hil/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *