Kenakan Busana Kanigara, Bupati Fauzi Bersama Istri Warnai Perayaan Hari Jadi Sumenep ke-754

Berpakaian Busana Kanigara, Bupati Fauzi Bersama Istri Warnai Perayaan Hari Jadi Sumenep ke-754
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo Bersama Istri Mengenakan Busana Kanigara Menyapa Masyarakat Sumenep Dari Atas Kereta Kencana. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Bupati Sumenep bersama istri mengenakan busana kanigara pada prosesi penobatan Arya Wiraraja sebagai Adipati pertama Soengennep dalam ranga memperingati Hari Jadi Sumenep Ke-754. Sabtu, 28 Oktober 2023 sekitar pukul 08,00 WIB.

Pantauan Media KanalNews.id, tempat perayaan hari jadi kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yakni berlangsung di Kota Tua Kalinget, tepatnya di halaman Kantor PT Garam.

Bacaan Lainnya

Uniknya pada perayaan Hari Jadi Sumenep ke-754 ini, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo bersama istri bak pasangan pengantin Raja dan Ratu menggunakan busana Kanigara khas Keraton Sumenep.

Terlihat busana Kanigara yang dikenakan pasangnan Bupatidan Ketua TP PKK Sumenep itu berwarna merah degan corak emas dan disertai pernak pernik kalung melati.

“Istri saya tercinta (Nia Kurnia, red) yang hari ini tampil berbeda, itupun saya minta dan merayu hampir satu bulan baru mau mengenakan busana ini,” kata Bupati diwal sambutannya. Sabtu (28/10/2023).

Tak kalah elegannya, jajaran Forkompimda dan Kepala OPD dilingkungan Kabupaten Sumenep juga menggunakan baju khas Keraton Sumenep  dalam mengikuti perayaan Hari Jadi Sumenep ke-754.

Sebelum prosesi Penobatan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep yang pertama dimulai, seperti biasa Bupati Sumenep bersama istri dan jajaran Forkopimda menyantuni anak yatim sebanyak 754 orang sesuai tahun Hari Jadi Sumenep kali ini.

Diketahui, proses penobatan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep pertama masuk pada agenda perayaa Hari jadi Sumenep ke-754 yang berlangsung di Kota Tua Kaliangt tersebut.

Selain Prosesi Penobatan Arya Wiraraja sebagai sajian utama, acara tersebut juga dirangkai dengan 11 kegiatan lainnya di waktu yang sama.

Berikut rangkaian acara Prosesi Hari Jadi Ke-75 Kabupaten Sumenep di Kota Tua Kalianget, Sabtu, 28 Oktober 2023:

1. Santunan 754 Anak Yatim
2. Tari Kolosal
3. Prosesi Penobatan Arya Wiraraja
4. Dhammong Kreasi
5. Topeng Dalang
6. Saronen
7. Jaran Serek
8. Kirab 7 Desa
9. Kirab Masyarakat Umum
10. Tong-Tong Serek
11. 7 Kereta Kencana
12. Kirab OPD & Camat. (Hil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *