Ini 7 Wisata Populer Lagi Nge-hits di Sumenep, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Wisata Pantai Lombang
Pantai Lombang, Salah Satu Wisata Lagi Nge-hits di Sumenep. (Foto : Kanal News)

Wisata, kanalnews.id – Bingung untuk menentukan tempat liburan akhir pekan anda bersama keluarga. Datanglah ke Kabupaten Sumenep yang memiliki segudang objek wisata yang lagi nge-hits dengan pesona dan panorama alamnya.

Agar anda semakin yakin untuk menikmati keindahan spot wisata di Sumenep. Artikel akan menjelaskan objek wisata mana saja yang wajib anda datangi ketika berkunjung ke Kabupaten Sumenep ini.

Kota Sumenep yang memiliki pulau terbanyak di Jawa Timur ini ternyata memiliki sederet objek spot wisata yang menyimpan pesona keindahan dan panorama alam yang menakjubkan sehingga banyak pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan wisata di kota Sumekar ini.

Tak hanya itu, destinasi wisata di kabupaten paling ujung pulau Madura itu tidak hanya menawarkan keindahan wisata alam yang lagi nge-hits. Tapi banyak objek wisata populer lainnya untuk menemani liburan akhir pekan anda, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, wisata religi, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Agar tidak lama-lama untuk mengobati kebingungan anda, kali ini kanalnews.id akan merangkum 7 spot wisata populer dan lagi nge-hits di Kabupaten Sumenep untuk menemani liburan akhir pekan anda.

1. Gili Labak

Gili Labak
Pulau Gili Labak (Foto : piknikasik.com)

Pulai Gili Labak merupakan andalan wisata alam Sumenep. Pesona keindahan alam dari pulau cantik Gili Labak akan menghipnotis siapa saja yang datang untuk berlibur ke obyek wisata satu ini.

Pengunjung yang memasuki pulau ini biasanya tidak sabar untuk segera mengabadikan momen indah ini dengan kamera ponsel atau kamera profesional.

Sehingga spot wisata bahari ini sangat cocok untuk menjadi tempat liburan akhir pekan anda. Sebab ketika berkunjung ke Pulau Cantik Gili Labak ini, anda akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang cukup panjang, air laut pantai yang jernih dan ombak yang cukup tenang.

Pantai Gili Labak juga memiliki pesona bawah laut yang sangat cocok untuk tempat berlibur, apalagi bagi yang suka diving snorkeling, ketika sampai di bawah laut akan disuguhkan dengan terumbu karang dan keindahan laut dapat dilihat dengan mata telanjang.

Fasilitas lengkap dengan resort kece dan warung kopi dengan suasa rumah adat Sumenep yang berada di pulau cantik Gili Labak juga akan memanjakan aktivitas liburan para akhir pekan anda.

Untuk sampai ke Pantai Gili Labak berlokasi di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, anda harus berlayar menggunakan perahu dari pelabuhan Kalianget.

Baca Juga :  Akhirnya, Bupati Fauzi Pastikan Jalan Penghubung Dua Kecamatan Akan Diperbaiki Tahun Ini

Harga sewa perahu juga terjangkau dan bisa dibayarkan secara rombongan. Perjalanan yang cukup jauh menggunakan perahu akan terasa memiliki sensasi petualangan yang tidak akan terlupakan dan akan terbayarkan dengan keindahan yang sempurna dari Pantai Gili Labak.

2. Pantai Sembilan

Wisata Pantai Sembilan
Panorama Pantai Sembilan di Sumenep. (Foto : IDN TIMES)

Tidak kalah dengan keindahan Pantai Gili Labak, Pantai Sembilan yang berlokasi di di Desa Bringsang, Kecamatan atau Kepulauan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, juga menawarkan pesona keindahan yang dapat memanjakan mata wisatawan.

Untuk bisa berkunjung ke Pantai Sembilan, anda harus menuju ke Pelabuhan Tanjung, Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi Sumenep, kemudian menyebrang dengan menggunakan perahu komersil menuju Pelabuhan Bringsang, Pulau Gili Genting Sumenep.

Tiket perahu untuk menyebrang ke Pantai Sembilan cukup murah loh! Kamu cukup membayar hanya Rp. 10.000 saja. Setelah sampai di pelabuhan bringsang, kamu cukup berjalan saja menuju pantai, karena lokasi pantai sembilan berada di samping pelabuhan.

Nah, untuk tiket masuk ke Pantai Sembilan sendiri murah sekali loh! tidak akan menguras isi kantong, cukup dengan Rp. 5.000 saja kamu sudah bisa menikmati pesona keindahan pantai sembilan dengan perpaduan pantai yang putih nan luas, dan laut berwarna biru.

Apalagi ditambah dengan indahnya langit biru, membuat pantai ini semakin mempesona, sangat cocok bagi anda yang berswafoto dan mengabadikan momen spesial bersama pasangan atau keluarga anda, selain itu di sepanjang pantai juga terdapat spot foto buatan yang akan menghasilkan foto yang sangat indah.

3. Pantai Lombang

Wisata Pantai Lombang
Pantai Lombang, Objek Wisata Alam Tertua di Sumenep. (Foto : Istimewa)

Pantai Lombang merupakan destinasi wisata alam tertua yang juga menjadi spot wisata andalan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Wisata alam yang berbeda di paling ujung timur Kota Sumenep itu tetap terawat dan terjaga keindahannya sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat dan memanjakan wisatawan.

Ditengah berkembangnya destinasi wisata di pulau Madura, khususnya di Kabupaten yang berjuluk kota Keris itu, Pantai Lombang tetap menjadi primadona bagi masyarakat Madura untuk dikunjungi.

Ketika sampai di Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan dikelilingi pohon Cemara udang itu anda akan menikmati pemandangan yang lebih cantik dari biasanya, sebab wisata yang dikelola langsung oleh pemerintah daerah terus berinovasi untuk meningkatkan daya tarik wisata yang satu ini.

Salah satunya dengan menambahkan infrastruktur payung cantik di bibir pantai yang tak kalah dengan pantai Sanur Dewata Bali, yang sangat cocok untuk sekedar berfoto Selvi atau berjemur untuk menghangatkan badan.

Baca Juga :  DPRD Sumenep Imbau Pelaku Wisata Selalu Berkoordinasi Dengan Tokoh Setempat

Dengan spot wisata Pantai Lombang yang semakin menarik itu sangat cocok untuk dikunjungi bagi liburan akhir pekan anda, apalagi wisata bahari itu dilengkapi dengan fasilitas swafoto atau pengambilan foto Selvi koleksi pribadi bahkan juga cocok untuk pengambilan foto prewed.

Untuk sampai ke Pantai Lombang yang berada paling ujung timur Kota Sumenep, tepatnya di Kecamatan Batang-Batang itu, butuh waktu sekita 30 menit perjalan yang kira-kira berjarak 26 kilometer dari pusat Kota Sumenep ke arah timur.

4. Museum Keraton Sumenep

Labeng Mesem, Gerbang Pintu Masuk Menuju Keraton Sumenep. (Foto : IG-bayusyuhada)

Potensi wisata di Sumenep tidak hanya pantai atau wisata alam tapi juga ada objek wisata bersejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun lokal. Objek wisata tersebut populer dikenal museum Keraton Sumenep.

Wisata bersejarah yang berada di jantung kota Sumenep tepatnya di jalan Dr. Sutomo, No.6, Pajagalan, Kota Sumenep, itu banyak diminati para pelancong, sebab museum Keraton Sumenep ini merupakan satu-satunya keraton se Jawa Timur, yang bangunan istana kerajaan serta isinya masih utuh dan terawat.

Banyak hal yang menarik untuk diketahui bagi anda yang ingin berkunjung ke museum Keraton Sumenep, diantaranya terdiri dari Gerbang kerajaan menuju istana kerajaan yang populer disebut Labang Mesem yang artinya pintu senyum.

Pendopo Keraton, yakni tempat atau aula pertemuan Raja Sumenep bersama petinggi kerajaan yang sampai saat ini bangunan dan fasilitasnya seperti meja, kursi, tongkat dan bendera kerajaan masih utuh.

Ada juga taman sare yang merupakan tempat mandinya Putri Raja. Selain itu juga masih banyak benda-benda peninggalan raja-raja terdahulu, seperti baju raja, kamar dan tempat tidur Rajak, kereta kencana yang berlapis emas, perhiasan, alat perang dan masih banyak peninggalan lainnya yang bisa diketahui para pengunjung.

Untuk menikmati objek wisata bersejarah itu tidak perlu mengeluarkan uang yang menguras isi dompet, sebab harga tiket masuk ke museum Keraton Sumenep hanya Rp.4.000 rupiah saja.

5. Pulau Oksigen Gili Iyang

Salah Satu Sudut Pantai Pulau Oksigen Gili Iyang. (Foto : Istimewa)

Gili Iyang adalah obyek wisata yang terletak di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Gili Iyang merupakan pulau yang memiliki kadar oksigen tertinggi atau udara terbersih kedua di dunia setelah Yordania, Objek wisata ini memang menjadi andalan objek wisata favorit di Kabupaten Sumenep.

Pulau Gili Iyang yang lagi nge-hits dijuluki wisata kesehatan itu saat ini sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Tak hanya itu, pulau Gili Iyang juga dikenal dengan pulau Awet Muda , jadi bagi anda yang ingin awet muda tidak perlu perawatan mahal pergi ke klinik kesehatan atau dokter spesialis, tapi anda cukup datang ke wisata pulau oksigen ini.

Baca Juga :  Layangan Lebah Madu Dinsos P3A Sumenep Semarakkan Festival Layang-layang LED

Terbukti penduduk di Pulau Gili Iyang rata-rata tergolong awet muda, sebab meski sudah banyak yang berumur 100 tahun bahkan lebih, tapi masih segar bugar dan masih sanggup bekerja seperti anak muda berumur 30 tahun.

6. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep
Wisata Religi Masjid Agung Sumenep (Foto : Istimewa)

Selain potensi wisata alam dan bersejarah, Sumenep juga memiliki objek wisata religi, yakni Masjid Agung Sumenep yang wajib juga anda kunjungi.

Wisata Masjid Agung Sumenep atau juga dikenal Masjid Jamik itu merupakan salah satu bangunan 10 masjid tertua di Indonesia dan mempunyai arsitektur yang khas di Nusantara. Yang dibangun pada masa kerajaan tempo dulu, tepatnya pada masa pemerintahan Pangeran Natasukuma I atau Panembahan Somala, yaitu pada tahun 1779 M dan selesai pada tahun 1787 M

Masjid Agung Sumenep yang saat ini menjadi icon dan ladmark dapat menarik wisatawan untuk berkunjung dan melihat kemegahan bangunan yang memiliki arsitektur dan daya tarik yang unik dengan gerbang pintu masuk yang berbentuk kastil.

Wisatawan juga akan dibuat terkejut ketika melihat desaign arsitektur Masjid Agung Sumenep yang mengkomparasikan berbagai budaya, yakni budaya Jawa, Madura, Eropa, Cina, Arab, dan Persia.

Maka tunggu apalagi, bagi anda yang memiliki rencana liburan akhir pekan ke Sumenep kurah afdal rasanya jika tidak berkunjung ke Masjid Agung Sumenep.

7. Air Terjun Dhurbugan

Wisata Air Terjun
Potret Wisata Air Terjun Dhurbugan di Sumenep. ( Foto : Republik Wisata)

Destinasi wisata air terjun dhurbugan ini berada di Desa Aeng Merah, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep.

Potensi wisata alam air terjun dhurbugan menyimpan keindahan alam dan pemandangan air terjun yang dikelilingi tebing-tebing alami sehingga memiliki suasana sejuk dan cocok untuk refreshing.

Oleh karena itu, jika kalian sedang berkunjung ke daerah Sumenep, tidak sah rasanya jika melewati keindahan alam yang menarik dan menakjubkan dari air terjun Dhurbugan ini. (Hil/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *