DPMD Sumenep Rencanakan Pilkades Serentak 264 Desa di Tahun 2025

DPMD Sumenep Rencanakan Pilkades Serentak 264 Desa di Tahun 2025
Kepala DPMD Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf, Ketika Ditemui di Ruang Kerjanya. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, kanalnews.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, rencanakan Pilkades Serentak di Tahun 2025 mendatang. Kamis (11/05/2023).

Kepala DPMD Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf menyampaikan, bahwa ada sekitar 264 Desa di kabupaten Sumenep yang akan melaksanakan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak tahun 2025 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Sementara sesuai data, ada 264 Desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak di tahun 2025 mendatang,” katanya kepada media kanalnews.id di ruang kerjanya. Kamis (11/05/2023).

Kendati demikian, sambung Anwar panggilan akrabnya menjelaskan, jumlah Desa yang akan mengikuti kontestasi politik tingkat desa itu bisa berubah seiring berjalannya waktu.

“Data itu bisa berubah, karena bisa saja nanti di perjalanan menuju Pilkades serentak di tahun 2025 nanti ada Desa tidak ada Kepala Desa-nya karena beberapa faktor misal meninggal duni atau lainnya,” ungkapnya menjelaskan.

Lebih lanjut, Anwar menjelaskan, pihaknya rencanakan Pilkades serentak di tahun 2025 dikarenakan menyesuaikan dengan petunjuk dari pusat untuk meminimalisir tahapan Pilkades di Kota Keris.

“Jadi yang dulunya dalam satu periode ada tiga kali atau tahapan pelaksanaan Pilkades. Maka dengan pola serentak yang baru ini satu periode bisa dua kali tahapan,” ujarnya lagi.

Bahkan mantan Sekretaris KPU Sumenep itu berharap, pelaksanaan Pilkades kedepan benar-benar serentak semua Desa se-kabupaten.

“Bahkan kami berharap nantinya dalam satu periode hanya ada satu kali pelaksanaan Pilkades Serentak se Kabupaten Sumenep,” pungkas mantan Camat Batang-Batang itu. (Hil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *