Bupati Jember Resmikan Monumen Lokomotif D301-13

Bupati Jember Resmikan Monumen Lokomotif D301-13
Bupati Jember, Hendy Siswanto Saat Meresmikan Monomen Lokomotif Kereta Api Seri D301-13. (Foto: Ninil - Kanal News).

JEMBER, KanalNews.id – Bupati Jember, ir. H. Hendy Siswanto.,ST.,IPU bersama Vice President KAI DAOP 9 Jember, Mulyani meresmikan Monumen Lokomotif D301-13 yang terpajang di Stasiun KAI DAOP 9. Sabtu siang, 30 September 2023.

Saat ini Monumen kereta api itu sudah bisa di nikmati oleh masyarakat umum untuk berswa foto. Peresmian itu bertepatan dengan momentum dengan Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78.

Bacaan Lainnya

Vice President KAI DAOP 9 Jember, Mulyani menyampaikan, bahwa Lokomotif tersebut dulunya pernah beroperasi di Kabupaten Jember. Dan peletakan Lokomotif tersebut juga ditujukan sebagai ikon baru untuk bumi pandalungan.

“Ini lokasinya sangat strategis, menurut saya ini penting sekali untuk penanda bahwa kawasan ini pusat kereta api, kenapa saya memilih lokomotif ini, karena kereta api ini pernah beroperasi di Jember,” katanya saat diwawancarai oleh sejumlah awal media. Sabtu (30/03/2023).

Selain itu, mulyani berharap, agar masyarakat bisa melestarikan dan menjaga monumen lokomotif kereta api seri D301-13 tersebut.

“Ayo jaga icon monumen lokomotif kereta api ini bersama-sama, karena monumen ini termasuk benda bersejarah di kota Jember, ” harapnya.

Sementara itu, Bupati Jember, Hendy Siswanto mengungkapkan, bahwa peletakan Lokomotif tersebut sangat menyenangkan masyarakat sekaligus menambah kawasan wisata di Jember.

“tentunya masyarakat Jember bahagia adanya monumen ini, karena bisa dibuat tempat untuk swa foto, Dan juga sebagai tanda bahwa kabupaten Jember merupakan pusat kereta api di tapal kuda,” katanya usai meresmikan monomen kereta api tersebut. Sabtu (30/09/2023).

Labih lanjut, Hendy panggilan akrabnya juga menyatakan, bahwa pemerintah kabupaten (Pemkab) Jember membuka pintu kerjasama denga PT. KAI dengan menyediakan Paket wisata.

“Tentunya yang kerjasama dengan kami, akan kami luncurkan paket, 1 paket kegiatan dari Jakarta naik kereta api dari Jakarta-Jember, ke berapa titik kuliner, UMKM, serta wisata lainnya,” tuturnya

Hendy juga berharap nantinya KAI DAOP 9 mempunyai pelayanan yang lebih lengkap dengan adanya Mall di stasiun tersebut.

“Kami berharap nantinya stasiun Jember juga ada mall nya seperti di stasiun medan. Sehingga nanti masyarakat jika ada urusan di 0824 cukup disini tidak usah ke hotel lagi, lebih dekat dan justru akan mempunyai nilai yg lebih efisien,” ujarnya seraya berharap.

Dengan peluncuran paket wisata itu Mulyani juga mengungkapkan bahwa PT.KAI sudah mempunya KAI akses. Dimana terdapat menu fitur yang memudahkan penumpang kereta untuk berwisata.

“Untuk Paket wisata sebetulnya skrang sudah punya KAI akses, didalamnya itu ada fitur tentang paket tour, jadi yang disampaikan bapak bupati betul.” lanjutnya

“Nanti di dalam menu tersebut penumpang bisa memilih paket tour berdasarkan bugetnya, misal buget 1 juta ke Jember dia bisa kemana aja, dan itu sudah lengkap dengan hotel dan wisata dalam 1 paket,” pungkasnya. (Ninil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *