Berhias Bagai Pengantin, Ratusan Anak TK/RA Meriahkan Festival Tan-Pangantanan di Pantai Lombang

Berhias Bagai Pengantin, Ratusan Anak TK/RA Meriahkan Festival Tan-Pangantanan di Pantai Lombang
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Saat Berjalan Beriringan Bersama Peserta Festival Tan-Pangantanan di Pantai Lombang. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, kanalnews.id – Ratusan anak Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA) berhias bagai pengantin guna mengikuti festival Tan-Pangantanan Dhe’ Nondhe’ Ni’ Nang di Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Minggu (14/05/2023).

Festival yang masuk pada serangkaian kegiatan kalender wisata 2023 yang bertajuk Sumenep Masa Kejayaan itu diikuti ratusan anak TK/RA yang dikelompokkan dalam 24 regu.

Pantauan media kanalnews.id, Festival yang menampilkan sepasang pengantin itu diikuti pengiring kedua mempelai dan diarak sepanjang jalan menuju objek wisata Pantai Lombang Desa.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan Inklusi, Disdik Sumenep Latih 97 Guru

Tampak pada festival tersebut, Bupati Sumenep Achmad Fauzi serta Ibu Ketua PKK Nia Kurnia juga ikut berjalan bersama anak-anak TK yang berhias bagai pengantin sambil melantunkan syair Dhe’ Nondhe’ Ni’ Nang, sehingga mampu menyedot perhatian masyarakat untuk hadir menyaksikannya.

“Semoga, kegiatan yang mengangkat budaya lokal bisa mengurangi dampak negatif gempuran budaya barat yang menimpa generasi muda di zaman digital ini,” kata Bupati Sumenep kepada awak media. Minggu (14/05/2023).

Baca Juga :  Liburan Idul Fitri 1444 H, Polresta Banyuwangi Siagakan Anggotanya di Tempat Wisata

Lebih lanjut, Politis PDI Perjuangan itu berharap, semua. elemen masyarakat juga ikut serta melestarikan budaya lokal atau tradisional sebagai media menanamkan wawasan sekaligus kecintaan budaya kepada generasi milenial sejak usia dini.

“Melalui kegiatan ini kami berharap supaya mereka mewarisi nilai-nilai budaya warisan budaya leluhur Kabupaten Sumenep,” harap Bupati Fauzi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan, Peserta Festival Tan-Pangantanan Dhe’ Nondhe’ Ni’ Nang sebanyak 34 regu, rinciannya TK sebanyak 27 regu dan RA sebanyak 7 regu.

Baca Juga :  Polres Sumenep Tetapkan 6 Tersangka Kasus Tipikor Gedung Dinkes

“Kami mengapresiasi lembaga pendidikan yang mengikuti festival ini, karena sangat positif untuk menumbuhkan kesadaran kolektif semua elemen masyarakat mensosialisasikan budaya lokal,” pungkas Agus panggilan akrabnya. (**/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *