KPU Sumenep Siapkan Peluncuran Maskot ‘Si Busok’ Untuk Pilkada 2024

Si Busok
Suasa Rakor KPU Sumenep Bersama Insan Pers Dalam Rangka Persiapan Peluncuran Maskot 'Si Busok' Untuk Pilkada 2024. (Foto: Kanal News)

SUMENEP, KanalNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melangsungkan rapat koordinasi persiapan peluncuran Maskot ‘Si Busok’ untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Hadir pada kesempatan tersebut perumus maskot ‘Si Busok’ untuk Pilkada Sumenep 2024, Ibnu Hajar, beserta pelaku media online, cetak, televisi, yang tergabung dalam organisasi kewartawanan lokal, regional hingga nasional.

Kemudian seluruh jajaran Komisioner KPU Sumenep yang baru saja dilantik pada 13 Juni 2024 kemarin.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Rumah Pintar Pemilu Sultan Abdurrahman, Gedung Kantor KPU Kabupaten Sumenep.

Ketua KPU Sumenep, Nurus Syamsi mengatakan, bahwa pertemuan dengan awak media ini dalam rangka menjalin sinergitas menjelang Pilkada Sumenep 2024 dengan tagline “Pilkada Sumenep Rampa’ Naong”.

“Kami ingin bersinergi dengan media yang berada di Kabupaten Sumenep dalam pelaksanaan Pilkada yang akan terlaksana pada 27 November 2024 mendatang,” kata Kurus Syamsi dalam sambutannya, Kamis (27/6) siang.

Lebih lanjut, Syamsi panggilan akrabnya mengungkapkan, dalam tahapan Pilkada Sumenep tahun ini akan membuka ruang seluas-luasnya dan transparan kepada semua pihak.

Baca Juga :  DPRD Sumenep Dorong Pemerintah Daerah Lakukan Deteksi Dini Dari Ancaman Kekeringan

“Pastinya kami juga akan bersinergi dengan Badan Ad Hoc mulai tingkat desa hingga kecamatan,” kata Nurus menuturkan.

“Pilkada Sumenep tidak akan berjalan dengan baik ketika tidak bekerjasama dengan semua pihak, terutama dengan pelaku media,” timpalnya lebih lanjut.

Di tempat yang sama, perumus maskot ‘Si Busok’ Pilkada Sumenep 2024, Ibnu Hajar menerangkan, bahwa Kucing Busok adalah satwa endemik asli Pulau Raas.

Dalam maskot itu, Kucing Busok didesain memegang paku pencoblosan di tangan kanan dan surat suara bertuliskan hari H pemungutan dan penghitungan suara.

Lalu dalam desain maskot, di sisi kanan bawah ditulis ‘Si Busok’. Si Busok adalah kepanjangan dari siap, bebas, umum, serentak, orientasi, kesejahteraan.

”Kalau di Pilkada 2020 Kakak Tua Jambul Kuning sebagai maskotnya, tahun ini Kucing Busok. Kucing Busok adalah ras kucing asli Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep,” kata Ketua Tim pembuat maskot dan jingle Pilkada Sumenep 2024 tersebut.

Ibnu memaparkan, secara genetik, kucing busok ini sangat khas dan hampir langka, sebab saat ini jumlahnya kurang lebih dari 100 ekor.

Baca Juga :  Bandara H AS Hanandjoeddin Dukung Pelaksanaan HLTF-EI di Belitung

Saat ini, kata Ibnu, populasi Kucing Busok asli makin langka. Jadi, dengan dipilihnya Kucing Busok sebagai maskot, maka hal ini menjadi upaya untuk ikut melestarikan satwa khas Sumenep.

“Jika kucing ini akan dibawa ke luar Pulau Raas, untuk kucing jantan akan dikebiri, agar gennya tidak bercampur dengan kucing ras lain. Karena itulah, tim mengusulkan kucing dengan warna bulu abu-abu tua polos ini menjadi maskot Pilkada Sumenep 2024,” papar Ibnu.

Di sisi lain, budayawan Sumenep tersebut menjelaskan, bahwa sebenarnya ada dua usulan untuk maskot Pilkada 2024 di Sumenep, yakni Kucing Busok dan Musang Kangean.

Di mana, Musang Kangean ini hanya memakan buah, tidak memakan daging. Populasi musang jenis ini ada di Pulau Kangean.

“Ternyata dari dua usulan tim, KPU memilih Kucing Busok sebagai maskot Pilkada Sumenep. Bisa jadi karena sekarang ini jumlah pecinta kucing makin banyak. Jadi lebih populer dibanding satwa lain,” kata Ibnu menerangkan.

Baca Juga :  LBH Cakra Desak Kejati Jatim Tuntaskan Dugaan Korupsi Pamsimas di Situbondo

Ditambah lagi, untuk jingle lagu Pilkada Sumenep 2024 meluncurkan musik dangdut kontemporer dengan partitur-partitur etnik berjudul “Sumenep Hebat Rampa’ Naong”.

“Jadi, yang berisi adalah simbol-simbol notasi musik untuk melambangkan nada, ritme, atau akor dari sebuah karya musik,” jelas Ibnu.

Untuk diketahui, maskot ‘Si Busok’ Pilkada Sumenep 2024 atau launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Tahun 2024 akan berlangsung pada tanggal 29 Juni 2024 mendatang di Gor A. Yani, Panglegur, tepatnya pada Sabtu malam.

Sementara rapat koordinasi persiapan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Tahun 2024 berlangsung khidmat dengan diskusi bersama pelaku media.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *