Ujian Kompetensi PPPK 2023 Segera Dimulai, Jangan Lewatkan Persiapan dan Informasi Penting Ini

Ujian Kompetensi PPPK 2023 Segera Dimulai, Jangan Lupa Persiapan dan Informasi Penting Ini
Ilustrasi Pelaksanaan Ujian Kompetensi PPPK Tahun 2023. (Foto: Istimewa For Kanal News).

KanalNews.id – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) adalah program pemerintah yang bertujuan untuk merekrut pegawai negeri non-PNS melalui seleksi berbasis kompetensi.

Ujian PPPK adalah langkah penting dalam seleksi ini, dan untuk tahun 2023, banyak peserta yang telah menunggu jadwal resmi ujian.

Bacaan Lainnya

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi terkini mengenai jadwal ujian PPPK 2023 dan beberapa tips persiapan yang mungkin membantu Anda meraih sukses dalam ujian tersebut.

Pemerintah biasanya mengumumkan jadwal ujian PPPK untuk setiap tahun melalui situs web resmi yang berkaitan dengan program tersebut.

Namun, jadwal ini dapat berubah atau diperbarui, jadi selalu pastikan untuk memeriksa sumber resmi atau pengumuman pemerintah yang terkait.

Berikut adalah beberapa informasi umum yang bisa Anda harapkan dalam jadwal ujian PPPK 2023:

1. Pendaftaran:

Biasanya, pendaftaran untuk ujian PPPK akan dibuka beberapa minggu sebelum tanggal ujian.

Peserta diharuskan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan seperti KTP, ijazah, dan sertifikat kompetensi.

Pastikan Anda memiliki semua persyaratan ini sebelum pendaftaran dibuka.

2. Pengumuman Jadwal Ujian:

Setelah pendaftaran ditutup, maka pemerintah akan mengumumkan jadwal ujian kompetensi PPPK 2023.

Dalam pengumuman itu akan mencakup tanggal, waktu, dan tempat pelaksanaan ujian. Anda harus memeriksa situs web resmi atau mengikuti pengumuman resmi untuk memastikan Anda memiliki informasi terkini.

3. Persiapan:

Sebelum ujian, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Ini mencakup pemahaman yang mendalam tentang materi ujian dan praktik soal-soal sebelumnya.

Baik dengan membaca buku pegangan, mengikuti kursus pelatihan, atau materi referensi yang disarankan oleh pemerintah dapat membantu Anda dalam persiapan.

4. Pelaksanaan Ujian:

Pastikan Anda tiba tepat waktu di lokasi ujian dan membawa semua dokumen yang diperlukan, seperti kartu tanda peserta ujian (jika diperlukan) dan identifikasi diri. Juga, patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh penyelenggara ujian.

5. Hasil dan Seleksi:

Setelah ujian selesai, pemerintah akan mengumumkan hasilnya dan langkah selanjutnya dalam proses seleksi PPPK. Pastikan Anda mengikuti pengumuman resmi untuk mengetahui apakah Anda lolos atau tidak.

 

Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK Tahun 2023

Badan Kepagawai Negara Republik Indonesia (BKN RI), telah resmi mengeluarkan dan mengumumkan jadwal seleksi kompetensi dengan Nomor: 03/PANPEL.BKN/PPPK.TEKNIS/X/2023.

Surat tersebut Tentang Penyesuaian jadwal tahapan seleksi dan hasil seleksi administrasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis Tahun anggaran 2023.

Ini jadwal tahapan seleksi kompetensi PPPK Terbaru dikutip dari laman bkn.co.id sebagai berikut:

1. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 15 – 18 Oktober 2023

2. Masa sanggah: 19 – 21 Oktober 2023

3. Jawab sanggah: 19 – 23 Oktober 2023

4. Pengumuman pasca sanggah: 22 – 28 Oktober 2023

5. Penarikan data final: 29 – 31 Oktober 2023

6. Penjadwalan seleksi kompetensi: 1 – 4 November 2023

7. Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi kompetensi: 5 – 8 November 2023

8. Pelaksanaan seleksi kompetensi: 10 November – 4 Desember 2023

9. Pelaksanaan seleksi kompetensi teknis tambahan: 15 November – 6 Desember 2023

10. Pengolahan nilai seleksi kompetensi: 30 November – 9 Desember 2023

11. Pengumuman kelulusan: 6 – 15 Desember 2023

12. Pengisian DRH NI PPPK: 16 Desember 2023 – 14 Januari 2023

13. Usul penetapan NI PPPK: 15 Januari – 13 Februari 2024

 

Tips Persiapan untuk Ujian PPPK 2023

Untuk meraih kesuksesan dalam ujian PPPK 2023, berikut adalah beberapa tips persiapan yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Pelajari Materi Ujian: Pastikan Anda memahami materi ujian yang akan diuji. Biasanya, materi tersebut terkait dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar, jadi pelajari dengan teliti.

2. Praktik Soal-soal Ujian: Mengerjakan soal-soal ujian sebelumnya dapat membantu Anda memahami format dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian sebenarnya.

3. Manajemen Waktu: Selama ujian, kelola waktu dengan baik. Jangan terlalu lama pada satu soal. Jika Anda kesulitan dengan satu pertanyaan, lanjutkan ke yang berikutnya dan kembali lagi nanti jika diperlukan.

4. Beristirahat dan Makan dengan Baik: Pastikan Anda cukup tidur dan makan dengan baik sebelum ujian. Kondisi fisik yang baik dapat membantu Anda berkinerja lebih baik.

5. Percaya Diri: Percaya pada diri sendiri dan kemampuan Anda. Jangan terlalu cemas atau stres menjelang ujian. Berlatihlah teknik relaksasi dan bernafas dalam-dalam jika Anda merasa gugup.

Penting untuk selalu mengikuti informasi resmi dan pembaruan dari pemerintah mengenai jadwal dan persyaratan ujian PPPK 2023.

Dengan persiapan yang matang dan tekad kuat, Anda memiliki peluang besar untuk meraih sukses dalam ujian ini dan menjadi bagian dari PPPK.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam persiapan Anda dan meraih hasil yang baik dalam ujian PPPK tahun ini. ***

 

Penulis : Uus

Editor : JR

Sumber: Berbagai Sumber

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *