Masuk Kloter 7 dan 8, Calon Jamaah Haji Sumenep Resmi Diberangkatkan

Masuk Kloter 7 dan 8, Calon Jamaah Haji Sumenep Resmi Diberangkatkan
Wabup Sumenep, Nyi. Hj. Dewi Khalifah Saat Memimpin Pemberangkatan Calon Jamaah Haji di GOR A Yani Sumenep. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, kanalnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi melepas pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) ke tanah suci Mekkah.

Pemberangkatan 686 calon jamaah haji itu dilepas langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Nyai Hj. Dewi Khalifah di GOR A. Yani Panglegur, Sumenep. Kamis (25/05/2023) sekitar pukul 14.24 WIB.

Bacaan Lainnya

Hadir pula dalam pemberangkatan CJH tersebut, jajaran Forkopimda Kabupaten Sumenep, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sumenep Kamiluddin, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep Chaironi Hidayat.

Pada kesempatan itu, Wabup Sumenep Nyai Hj. Dewi Khalifah, mengucapkan selamat jalan dan selamat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dan Madinah kepada seluruh Calon Jamaah Haji Kabupaten Sumenep.

“Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, calon jamaah haji Kabupaten Sumenep tahun 2023 dengan ini resmi diberangkatkan,” katanya saat melepas CJH. Kamis (25/05/2023).

“Mudah-mudahan bapak-ibu sekalian mendapatkan haji mabrur dan diberikan keselamatan sampai lagi di Kabupaten Sumenep,” timpal Wabup Eva panggilan akrabnya.

Lebih lanjut, Nyai Eva berharap para Calon Jamaah Haji Sumenep diberi kekuatan dan kesehatan lahir batin untuk melaksanakan ibadah haji.

“Kita doa’kan semoga para jemaah haji sekalian selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan mendapatkan predikat haji yang mabrur,” ungkapnya.

Wabul Eva juga mengajak CJH untuk bersyukur, karena pada tahun 2023 ini jumlah Calon Jamaah Haji Sumenep mencapai 686 orang. Dua kali lipat lebih dari tahun sebelumnya.

“Oleh karena itu, bersyukurlah kepada semua jemaah calon haji yang bisa berangkat tahun ini. Mudah-mudahan panggilan Allah yang sampai kepada anda sekalian bisa mendapatkan predikat haji mabrur,” ujar Wabup Nyai Eva.

Sementara untuk CJH Sumenep yang masuk daftar tunggu namun masih belum bisa berangkat pada tahun ini, Wabup Nyai Eva meminta agar sabar menunggu dengan.

“Mudah-mudahan kita semua yang mengantarkan juga mendapat giliran panggilan dari Allah SWT berangkat juga untuk menunaikan ibadah haji. Amin yarobbal alamin,” tutur Wabup Nyi Eva.

Pengasuh Ponpes Aqidah Usymuni itu berpesan kepada seluruh JCH agar sering beri’tikaf di masjid, meminum air zamzam dan memperbanyak makan buah untuk menjaga kesehatan selama di Arab Saudi.

“Jika tidak terlalu penting, jangan keluar dari asrama haji karena kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini lumayan panas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep, Kamiluddin menyampaikan, bahwa rombongan CJH diberangkatkan dari Sumenep menggunakan Bus menuju Embarkasi Haji Sukolilo Surabaya.

Kemudian, sambung Kamil panggilan akrabnya menjelaskan, rombongan CJH tersebut menunggu jadwal berangkat ke tanah suci Mekkah pada Sabtu, 26 Mei 2023, dengan Kloter 7 dan 8.

“Berdasarkan data dari Kementerian Agama Kabupaten Sumenep, jumlah JCH Sumenep tahun 2023 ini sebanyak 686 jemaah. Dari jumlah tersebut sebanyak 445 orang masuk kloter 7 dan sebanyak 241 jemaah masuk kloter 8,” pungkasnya. (Hil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *