Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji, Ini 3 Pesan Penting Bupati Fauzi

Jamaah Haji
HARU, Potret Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Saat Menyalami Para Calon Jamaah Haji. (Foto: Helman JR - Kanal News)

SUMENEP, KanalNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar manasik akbar dan pelepaan simbolis ratusan Calon Jamaah Haji (CJH). Rabu, 05 Juni 2024.

Kegiatan bertempat di Gedung Korpri Sumenep itu di hadiri langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Wabup Sumenep, Nyai Hj. Dewi Khalifah, Sekdakab Sumenep, Edy Rasiyadi, Kepala Kemenag Sumenep, Abdul Wasith serta Forkopimda setempat.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo dalam sambutannya, mendoakan ratusan calon jamaah haji yang akan segera berangkat melaksanakan rukum islam yang kelima itu mendapatkan Haji yang mabrur.

“Atas nama pemerintah daerah kami ucapkan selamat kepada para calon jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji, ” kata Bupati Fauzi panggilan akrabnya kepada ratusan CJH Sumenep. Rabu (05/06/2024).

“Semoga perjalanannya selama 41 hari mulai berangkat sampai nanti pulang kembali dalam keadaan selamat dan menjadi haji mabrur, ” imbuh Bupati Fauzi mendoakan para CJH.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Beltim Gelar Forum Konsultasi Publik

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten paling ujung pulau Madura itu juga menyampaikan tiga pesan penting terhadap ratusan CJH asal Sumenep itu.

Pertama, Bupati Fauzi berperan agar para CJH menjaga kesehatan fisik dan kedisiplinan selama melaksanakan ibadah haji. Sebab menurutnya cuaca di Arab Saudi berbeda jauh dengan di Indonesia.

“Para calon jamaah haji harus menjaga kesehatan, karena faktor kesehatan sangat rentan mengalami gangguan, akibat perbedaan cuaca antara Indonesia dan Tanah Suci Mekkah, ” ujarnya

Kedua, Politisi PDI Perjuangan itu juga berpesan agar para jamaah haji khusuk dalam menjalani setiap rangkaian ibadah haji.

“Dalam menjalani ibadah haji harus khusuk jangan sampai memikirkan yang lain seperti oleh-oleh dan lainnya. Sebab jika tidak khusuk maka akan menyesal ketika nanti kembali pulang ke tanah kelahiran, ” tuturnya.

Baca Juga :  Melalui Disperkimhub, Bupati Fauzi Berikan Layanan Mudik Gratis Bagi Warganya, Catat Jadwal Keberangkatannya Disini

Pesan yang terakhir, Bupati Fauzi meminta kepada para jamaah haji agar mejaga kerjasama antara satu jamaah dengan jamaah haji lainnya.

“Kami minta kepada petugas haji agar menjaga kedisiplinan dan kerjasama para jamaah haji. Karena kerjasama ini penting untuk keselamatan, jadi sampai ada yang keluar sendirian tapi paling tidak kalau mau keluar minimal berdua, ” terang Bupati Fauzi menegaskan.

Sementara itu, Laporan panitia manasik akbar dan pelepasan secara simbolis, Kabag Kesejahteraan Rakyat, Kamiluddin menyampaikan, bahwa total calon jamaah haji Sumenep tahun 2024 ini sekitar 898 orang.

Adapun rincian CJH asal sumeneo di bagi menjadi tiga kelompok terbang (Kloter) diantaranya; Kloter 96 sebanyak 366 orang, Kloter 97 sebanyak 366 orang dan Kloter 98 sebanyak 166 orang.

Baca Juga :  Bandara H AS Hanandjoeddin Dukung Pelaksanaan HLTF-EI di Belitung

“Adapun jadwal pemberangkatan dari Kabupaten Sumenep menuju Surabaya, yakini pada hari Jumat 07 Juni 2024 dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, bertempat di depan Mall Pelayanan Publik (MPP) sisi timur taman bunga Sumenep, ” tandasnya. (*) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *