Kepala Bappeda Sumenep Dinobatkan Sebagai Best Presenter Keinsinyuran

Kepala Bappeda
Kepala Bappeda, Ir. Arif Firmanto, S.TP, M.Si, (Tengah) Saat Dilantik dan Dinobatkan Sebagai Insinyur dengan Predikat Terbaik di Presenter dalam Seminar Praktik Keinsinyuran di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). (Foto: Istimewa For Kanal News).

SURABAYA, KanalNews.id – Kepala Bappeda Sumenep, Ir. Arif Firmanto, S.TP, M.Si dinobatkan sebagai Best Presenter dalam Seminar Praktik Keinsinyuran di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Sabtu, 04 Mei 2024.

Penobatan dan Pelantikan Insinyur yang berlangsung di Auditorium Widya Mandala (Widya Mandala Hall) Kampus Pakuwon City Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) JI. Kalisari Selatan 1, Pakuwon City, Kecamatan Tegalsari, Surabaya, itu juga melantik 76 lulusan insinyur baru, melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI).

Bacaan Lainnya

Diketahui, pelantikan itu sekaligus untuk menjawab tingginya kebutuhan insinyur profesional di Indonesia yang masih belum diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Pada acara wisuda dan pelantikan 76 Insinyur itu dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Katolik Widya Mandala: Drs. Kuncoro Foe, Ph.D., Apt., Wakil Rektor 1: Ir. Aning Ayucitra, Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Wakil Rektor 2: Sumi Wijaya, Ph.D., Apt, Wakil Rektor 3: Dr. Lanny Hartanti., Wakil Rektor 4: Dr. Christina Esti Susanti.

Selain itu, terlihat juga Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Felycia Edi Soetaredjo, Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik, Ir. Maria Yuliana, Ph.D., IPM., Wakil Dekan 2 Fakultas Teknik, Ir. Wenny Irawati, Ph.D., IPM, Kaprodi Profesi Insinyur, Dr. Ir. Ivan Gunawan, IPM., ASEAN Eng., Ketua PII Jatim Dr. Ir. Gentur Prihartono S. P., S.H., M. H., M.T., IPU., dan Wakil Ketua PII Jatim Ir. Pius X Rooswan, S.T., M.T., IPM.

Berdasarkan laporan pelaksana Proses Pendidikan PSPPI UKWMS oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik I, Ir.Maria Yuliana, S.T., Ph.D., IPM dan Prof.Ir. mewakili Felycia Edi Soetaredjo,S.T., M.Phil., Ph.D.,IPU., ASEAN.Eng mengatakan, para mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik tercermin dari distribusi 4.0.

Maria menambahkan, program Pendidikan PSPPI UKWMS periode I tahun 2024 menghasilkan 76 orang insinyur meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 73 orang sehingga total keseluruhan 281 orang lulusan insinyur.

Sementara menurut Rektor Widya Mandala, Drs, Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D.,Apt dalam sambutannya memberikan selamat dan menyampaikan harapannya untuk seluruh wisudawan agar dapat memberi kontribusi yang terbaik.

Selain mengucapkan selamat dan apresiasi, Kuncoro menuturkan pentingnya peran insinyur dalam membangun negara. Pasalnya, insinyur merupakan sosok yang bertanggung jawab .

“UKWMS bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) akan terus mengupayakan peningkatan jumlah insinyur profesional di Indonesia, ” ujarnya saat memberikan sambutan.

“Oleh karena itu saya berharap para wisudawan dapat terus berkarya dan tentu berpikiran maju serta senantiasa memiliki semangat, mau bekerja secara profesional untuk bisa menerangi serta memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si. dalam acara spektakuler tersebut, sebagai mahasiswa Program studi profesi insinyur diketahui berhasil meraih gelar sebagai Best Presenter dalam Seminar Praktik Keinsinyuran di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya periode tahun ini.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media ini, mantan Kepala DKPP Sumenep itu dilantik sebagi insinyur pasca sukses meraih predikat Best Presenter dalam Seminar Praktik Keinsinyuran dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Teknologi Maju untuk Indonesia Raya” pada tanggal 13 Januari 2024 lalu.

Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si., menyampaikan, pada dimensi ekonomi, pembangunan berkelanjutan telah menekankan betapa pentingnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Oleh sebab itu, harus melibatkan pembangunan di sektor ekonomi yang tidak hanya akan memberikan manfaat finansial saja, ” ungkapnya.

Akan tetapi, menurutnya hal itu juga harus memperhatikan dampak lingkungan dan kehidupan masyarakatnya. Sebab pembangunan berkelanjutan membutuhkan penggunaan sumber daya yang bijak, perlindungan dan pelestarian ekosistem, serta pengelolaan limbah yang berkelanjutan.

“Teknologi memainkan peran yang sangat krusial dalam pembangunan berkelanjutan dengan menyediakan berbagai solusi inovatif untuk tantangan ekonomi, lingkungan dan sosial,” ujar pria yang baru mendapatkan gelar akademik Insinyur itu.

“Pembangunan berkelanjutan juga menekankan Regenerasi Pembangunan Berdaya Saing Global yakni dengan mempersiapkan Pemuda-Pemudanya untuk yang akan datang, ” timpalnya.

Sementara wujud filosofi dan strategi pembangunan, sambung Arif, maka pembangunan berkelanjutan memandang masa depan sebagai tanggung jawab secara bersama-sama.

“Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama untuk menciptakan dunia yang terus berkelanjutan bagi para penerus bangsa baik sekarang maupun yang akan datang,” paparnya.

Selain itu, Arif juga menyebutkan, bahwa dalam keberhasilannya saat ini tidak terlepas dari peran banyak pihak. Hal ini juga merupakan bentuk spirit untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri.

“Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk spirit bahwa Kita Jangan pernah lelah untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri, karena belajar adalah kunci keberhasilan dalam hidup,” tandasnya. (*) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *