Kades Bakeong Hasil PAW Resmi Dilantik, Bupati Fauzi Titip Pesan Ini

Kades Bakeong Hasil PAW Resmi Dilantik, Bupati Fauzi Titip Pesan Ini
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Saat Melantik Mohammad Salehudin Farisi, Sebagai Kades PAW di Desa Bakeong, Kecamatan Guluk-Guluk. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.idKepala Desa (Kades) Bakeong, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, hasil PAW (Pemilihan Antar Waktu) resmi dilantik. Kamis, 15 Juni 2023.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kades hasil PAW yang bertempat di Aula Al-Qarya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) itu dipimpin langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Kades Mohammad Salehudin Farisi, dilantik sebagai Kades PAW Bakeong dikarenakan Kades difinitif sebelumnya masa jabatannya sudah berakhir pada 30 Desember 2022 kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, berpesan kepada Kades PAW yang baru dilantik itu bisa langsung menyesuaikan diri dan berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat guna menjalani roda pemerintahan di Desanya.

“Mulai hari ini (Kades Bakeong) harus mulai tancap gas menyusun strategi guna menjalankan program pembangunan dan mengembangkan Desanya,” katanya usai melantik Kades PAW Desa Bakeong. Kamis (15/06/2023).

Lebih lanjut, Bupati Fauzi panggilan akrabnya menjelaskan, guna meningkatkan pembangunan dan mengembangkan Desanya, dirinya memberi arahan agar bisa memaksimalkan potensi lokal.

“Kepala desa hendaknya pandai dalam menggali potensi desa sebagai sumber ekonomi, demi menyejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga berpesan, sebagai Kepala Desa hendaknya bisa melakukan trobosan baru atau inovasi dalam memanfaatkan potensi desa yang dimilikinya.

“Kami berharap Kepala Desa harus cerdik dan cermat dalam memanfaatkan potensi lokal di Desanya masing-masing. Sebab dengan potensi tersebut merupakan kekuatan bagi sumber ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Selain itu, Bupati dengan sederet prestasi itu juga berharap, Kades yang baru dilantik itu mulai terbiasa membangun koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan lembaga lainnya, manakala ada program desa yang bisa diakses dan disinergikan bersama-sama.

“OPD terkait untuk memberikan pendampingan apabila ada kepala desa yang ingin menyusun program desa, sehingga bersama-sama membangun daerah melalui pembangunan desa,” tutur pria yang digadang-gadang nyalon Gubernur Jatim itu.

Selain menggali potensi lokal, lanjut Bupati Fauzi, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai wadah pengembangan ekonomi desa juga harus mampu mengelola potensi desa.

“Sebab salah satu tujuan pendirian BUMDes adalah meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa,” tandasnya.

Sementara itu, DPMD Sumenep, Anwar Syahroni Yusuf mengungkapkan, bahwa pelantikan Kades Bakeong itu merupakan hasil PAW beberapa waktu lalu.

“Desa Bakeong mengalami kekosongan karena Kepala Desa sebelumnya habis masa jabatannya, sehingga dilakukan PAW,” katanya kepada awak media.

Selain itu, mantan Sekretaris KPU Sumenep itu juga menyampaikan, bahwa dirinya juga terus mendorong semua Desa di Sumenep untuk mengembangkan potensi Desanya melalui BUMDes.

“Kami terus mendorong desa untuk mengembangkan potensi Desanya melalui pelatihan dan pendampingan, termasuk pendampingan BUMDes,” pungkasnya. (Hil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *