Hampir 8 Tahun Jalan Desa Lenteng Barat Dibiarkan Rusak Parah, Warga Protes Anggaran DD Buat Apa?

Jalan Desa
Kondisi Jalan Desa Lenteng Barat Terpantau Rusak Parah yang Hampir 8 Tahun Tak Kunjung Diperbaiki. (Foto: Istimewa for Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Salah satu warga di Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, mengeluhkan keberadaan fasilitas jalan desa yang hampir 8 tahun dibiarkan rusak parah oleh pemerintah setempat. Selasa, 30 Januari 2024.

Menurut salah satu warga yang minta namanya tidak dipublikasikan itu mengatakan, terhitung sejak tahun 2016 hingga saat ini akses jalan yang berlokasi di Dusun Gunung Malang Satu, Desa Lenteng Barat itu sama sekali belum tersentuh aspal atau tidak pernah diperbaiki sama sekali.

Bacaan Lainnya

“Rusaknya jalan kurang lebih dari tahun 2016 lalu. Sampai sekarang tak kunjung diperbaiki baik dari Pemdes maupun Pemkab Sumenep. Oleh sebab itu kami bertanya-tanya, anggaran Dana Desa (DD) bertahun-tahun yang mencapai miliaran rupiah itu dikemanakan dan dibuat apa?,” ujarnya saat dikonfirmasi media ini. Selasa (30/01/2024).

Padahal menurut warga tersebut, jalan itu merupakan akses menuju lembaga pendidikan dan masjid. Namun kondisi jalan sangat menghawatirkan sehingga membuat pengendara yang melewati harus ekstra hati-hati sebab jalan tersebut banyak warga yang jatuh.

“Apalagi ketika musik hujan seperti saat ini, maka kondisi jalan menjadi licin. Sudah bertahun-tahun jalan Dusun Gunung Malang Satu menjadi keluhan dan berkali-kali kaki laporkan kepada pemerintah Desa. Namun tak pernah digubris, ” ungkapnya.

Parahnya lagi, sambung warga tersebut, warga yang bermukim di kawasan tersebut harus rela kendaraanya kotor akibat jalan yang becek. Sebab jalan itu bukan cuma aspalnya yang habis, batunya pun sudah hilang dimakan makan waktu.

“Warga yang melintas mengantarkan anak-anak ke sekolah juga selalu mengeluh dan ekstra hati-hati karena jalannya rusak serta bila hujan kondisi becek dan licin, ” beber warga tersebut mengelus dada.

Oleh sebab itu, warga tersebut berharap kepada Pemerintah Desa (Pemdes) maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk bisa segera memperbaiki jalan tersebut, sebab jalan akses Satu-satunya akses menuju anak-anak sekolah dan warga beribadah ke masjid.

“Harapan kita agar jalan ini bisa diperbaiki, sebab jalan ini adalah akses utama kami, kalau becek begini bagaimana kita mau beraktivitas. Kasihan anak-anak yang ke sekolah dan warga yang mau shalat ke masjid, ” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Lenteng Barat, Afan Afandi tidak menampik bahwa akses jalan di Dusun Gunung Malang Satu memang rusak parah dan belum pernah diperbaikinya sejak dirinya menjabat sebagai Kades di Desa tersebut.

“Iya benar jalan itu memang rusak dan sudah lama belum diperbaiki, ” kata Kades Lenteng Barat kepada media ini melalui sambungan telpon WhatsApp-nya. Selasa (30/01/2024).

Oleh sebab itu, Kades Afan panggilan akrabnya memastikan akses jalan dilokasi tersebut tahun ini (2024) akan diperbaikinya.

“Saya pastikan tahun ini (2024, red) diperbaiki, ” pungkas Kades Affan dengan nada serius. (*).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *