Go Internasional, Kabupaten Jember Siap jadi Tuan Rumah Asian Music Games 2023

Go Internasional, Kabupaten Jember Siap jadi Tuan Rumah Asian Music Games 2023
Bupati Jember (Tengah: Batik Hijau) Saat Konferensi Pers Kabupaten Jember Siap Jadi Tuan Rumah Asian Music Games 2023. (Foto: Ninil - Kanal News)

JEMBER, KanalNews.idKabupaten Jember kini tengah mempersiapkan event Asian Music Games (AMG) yang akan di gelar dari tanggal 22 s/d 24 Setember 2023 di GOR PKPSO Kaliwates dan Alun-alun Kota Jember. Kamis, 21 September 2023.

AMG ini merupakan suatu event dalam naungan Asian Marching Band Confederation (AMBC) yang menyelenggarakan kompetisi musik, visual dan penampilan individu, duet hingga grup dari berbagai kategori seluruh asia.

Bacaan Lainnya

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan, bahwa kabupaten Jember sudah siap menjadi tuan rumah event musik internasional itu.

“Suatu kebanggaan untuk kami. Insyaallah kita sudah biasa mengadakan event internasional di Jember dan dengan kegiatan ini kita layani dengan tbaik,” katanya dalam Konferensi pers pada Kamis, (21/9/2023) di Pendopo Wahyawibawagraha.

Terpilihnya kabupaten Jember sebagai tuan rumah dalam event Asian music games 2023 kali ini. Tidak luput dari prestasi marching band yang sudah banyak dikenali oleh negara luar. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri.

Hendy juga mengungkapkan Dengan adanya event AMG ini sangat berdampak bagi Perekonomian setempat dan menuju Jember Go internasional.

“Terbukti sekarang di semua hotel ditempati para delegasi marching band baik dari beberapa negara maupun Indonesia sendiri. Seperti Bukittinggi, Bandung mereka dateng ke Jember,” Ucap bupati Jember

Bahkan, para delegasi dari luar Jember sudah order UMKM bahkan sudah siap berkeliling wisata di beberapa titik lokasi yang ditawarkan melalui booklet paket wisata.

Mereka (para delegasi) menganggap bahwa harga produk di Jember sangat murah dan pas di kantong

“Banyak para delegasi ini sudah order produk UMKM di Jember, sudah banyak yang request. Karena menurut mereka disini harganya murah” Ucap bapak bupati Jember

Dengan itu, pemerintah kabupaten Jember melakukan suatu strategi agar para delegasi kembali lagi, yaitu dengan menawarkan beberapa paket wisata untuk para delegasi.

“Kita menyediakan beberapa paket yang sangat murah. yang bisa berkeliling ke seluruh tempat-tempat wisata, tempat kuliner termasuk UMKM, juga investasi, ” terang Hendy.

“Harapan kami, mereka akan kembali lagi ke Jember, bukan dalam event AMG tapi dalam event mereka jalan-jalan. Wes wayahe berwisata di Jember,” imbuh Hendy.

Presiden Asian Marching Band Confederation (AMBC), Sehat Kurniawan Saiman menyampaikan, Terdapat 9 negara yang akan ikut berpartisipasi dalam AMG ini. Diantaranya, Indonesia, China, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.

“Ada 9 negara yang sudah konfirmasi hadir, 6 diantaranya sudah ada disini, sisanya masih dalam perjalan.” ujarnya.

Sementara itu, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi), Tri Basuki mengungkapkan, bahwa ada 5 kategori yang menjadi penilaian dalam kompetisi AMG itu.

“Ada 5 kategori nantinya yang menjadi penilaian dewan juri, yaitu; marching firld show, Concert, Drumline Battle, street parade dan individual,” katanya saat dikonfirmasi di Pendopo Wahyawibawagraha.

Basuki menambahkan bahwa penilaian kompetisi itu bersifat jujur dan terbuka, karena ada aplikasi dan itu dapat langsung dilihat.

“Apalagi para juri yang dipilih pun juga dari berbagai negara, salah satunya yaitu dari malaysia, Filipina, jepang dan Indonesia, ” pungkasnya. (Ninil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *