Dongkrak Ekonomi Warga, Disbudporapar Dorong Pemdes Bentuk Pokdarwis

Dongkrak Ekonomi Warga, Disbudporapar Dorong Desa Bentuk Pokdarwis
Mohammad Iksan, Kepala Disbudporapar Saat Diwawancarai di Ruang Kerjanya (Kanal News).

Sumenep, kanalnews.id – Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) membentuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS).

Hal itu dilakukan dalam rangka mendongkrak ekonomi warga di Desa tersebut melalui Desa Wisata yang nantinya akan dikelola oleh POKDARWIS.

Kepala Disbudporapar, Mohammad Iksan menyampaikan, bahwa pihaknya terus mendorong semua Desa di Kota Keris yang memiliki potensi wisata di Desanya agar segera membentuk POKDARWIS.

Baca Juga :  Survei Lautan yang Diduga di SHM, BPN Sumenep Malah Plin-plan

“Kita terus mendorong semua Desa yang memang memiliki potensi pariwisata untuk membentuk POKDARWIS,” kata Mohammad Iksan kepada media KanalNews.id di Kantornya. Rabu (23/3/2022)

Lebih lanjut, Iksan Panggilan akrabnya menjelaskan, pihaknya mengaku sudah ada puluhan POKDARWIS yang sudah resmi dilantik mendapatkan SK.

“Ada sekitar 26 POKDARWIS yang sudah ter-SK dan tersebar disejumlah kecamatan,” ujar Iksan merinci.

Mantan Kadinsos Sumenep itu juga menjelaskan, dengan mendorong semua Desa di Kota Sumekar membentuk POKDARWIS, maka target puluhan Desa Wisata akan tercapai.

Baca Juga :  Baznas Sumenep Salurkan 1000 Santunan Pada Kegiatan Isra’ Mi’raj dan Festival Kreasi Anak Yatim

“Harapannya bagi POKDARWIS yang sudah ter-SK bisa mendorong terbentuknya Desa Wisata di Desa-nya masing-masing,” ungkapnya.

Bahkan menurut alumni Pergerakan itu juga menjelaskan, pihaknya mengaku saat ini ada sejumlah desa yang menjadi pilot projek Desa Wisata di tahun 2022 ini.

“Ada lima Desa yang menjadi pilot projek Desa Wisata, diantaranya; Desa Aeng TongTong, Gili Iyang, Desa Bangkal, Desa Soddera dan Saronggi,” pungkas Iksan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *