Ciptakan Pioner, DPMD Sumenep Gelar Bimtek Bagi Pengelola BUMDes di 10 Desa

Ciptakan Pioner, DPMD Sumenep Gelar Bimtek Bagi Pengelola BUMDes di 10 Desa
Kepala DPMD Sumenep, Moh. Anwar Syahroni Yusuf, Saat Membuka Acara Bimtek Bagi Pengelola BUMDes. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Ciptakan pioner Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi pengelola BUMDes. Senin, 14 Agustus 2023.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut DPMD Sumenep menggandeng Lakpesdam NU dan Forum MMS (Masyarakat Madani Sumenep) yang selama ini menjadi penggagas BUMDes berbasis partisipasi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Pantauan Media KanalNews.id di lokasi acara, kegiatan bimtek bagi pengelola BUMDes itu dibuka langsung oleh Kepala DPMD Sumenep, Moh. Anwar Syahroni Yusuf.

Hadir pula pada kesempatan itu, Kabid PUEKD DPMD Sumenep, Fadhali, Perwakilan DPMPTSP dan Naker Sumenep, FC USAID Madani dan 10 perwakilan BUMDes di Kota Keris.

Kepala DPMD Sumenep, Moh. Anwar Syahroni Yusuf dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan Bimtem tersebut dalam rangka meningkatkan kelembagaan Masing-masing BUMDes di 10 Desa tersebut.

“Kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kelembagaan BUMDes di 10 Desa yang saat ini menjadi fokus DPMD dan Forum MMS, ” katanya saat membuka acara Bimtek Pengelola BUMDes berbasis masyarakat.

Selain itu, sambung Anwar panggilan akrabnya menjelaskan, Bimtek itu juga bertujuan untuk menciptakan pioner bagi BUMDes di Kabupaten paling ujung pulau Madura.

“Kami berharap 10 BUMDes yang mengikuti Bintek kali ini bisa menjadi pioner bagi BUMDes lainnya di Kabupaten Sumenep ini, ” harap Anwar.

Lebih lanjut, Anwar menjelaskan, bahwa Bintek kali ini merupakan tindak lanjut dari program replikasi yang dilaksanakan pada bulan juni 2023 kemarin.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program replikasi BUMDes berbasis masyarakat yang dilaksanakan sebelumnya bersama Forum MMS dan Lakpesdam NU, ” ungkapnya.

Bahkan menurutnya, program BUMDes percontohan dengan konsep BUMDes berbasi partisipasi masyarakat itu sudah berjalan sejak tahun 2021 lalu.

“Program BUMDes berbasis partisipasi masyarakat ini sudah berjalan sejak tahun 2021 lalu dengan mengambil 3 BUMDes sebagai percontohan, kemudia di tahun ini kami kembangkan di 10 BUMDes,” pungkasnya. (Hil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *