112 Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten Belitung Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

112 Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten Belitung Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Belitung, Suyanto Saat Dikonfirmasi di Ruang Kerjanya. (Foto: Yanto - Kanal News).

BELITUNG, kanalnews.id – 112 calon jamaah haji (CJH) dari Kabupaten Belitung, akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah pada bulan Juni 2023.

Dari ratusan calon jamaah haji tersebut, terdiri dari 50 laki-laki dan 62 perempuan tersebut sudah dinyatakan siap melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto, mengatakan bahwa keberangkatan CJH tahun ini akan menjadi kloter pertama dari Bangka Belitung.

“Namun, tanggal keberangkatan masih menunggu hasil rapat teknis pemerintah,” katanya kepada kanalnews.id. Rabu (10/05/2023).

Baca Juga :  Tradisi Panjat Do'a, Menjadi Kebiasaan Warga Jember Usai Datang dari Tanah Suci Mekkah

Lebih lanjut, Suyanto juga menyebutkan bahwa setiap kecamatan di Kabupaten Belitung telah diwakili oleh CJH yang akan berangkat tahun ini.

“Kami pastikan setiap kecamatan ada calon jamaah hajinya. Namun CJH terbanyak berasal dari kecamatan Tanjungpandan,” ungkapnya.

Suyanto juga menyampaikan bahwa seluruh persiapan keberangkatan para CJH, mulai dari pengisian formulir, pelunasan biaya, pemenuhan persyaratan paspor, hingga persiapan koper, telah terselesaikan dengan baik.

“Saat ini, para calon jamaah haji hanya tinggal menunggu waktu keberangkatan,” terang Suyanto.

Baca Juga :  Tekan Peredaran Rokok Ilegal, Pemkab Sumenep Bentuk Tim Pengumpul Informasi

Di antara para CJH tersebut, terdapat seorang yang tertua berusia 84 tahun dan seorang yang termuda berusia 19 tahun.

Untuk itu, Suyanto menghimbau para CJH untuk selalu menjaga kesehatan dan mempersiapkan beberapa obat-obatan sebelum keberangkatan.

Pihak Kementerian Agama Kabupaten Belitung juga akan melakukan pemantapan manasik haji sebelum keberangkatan para CJH.

“Semoga para calon jamaah haji dari Kabupaten Belitung dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar dan kembali ke tanah air dengan selamat,” harapnya. (Yanto/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *