Viral..! Ketua BPD Juluk dan Komut PJS Diduga Kampanyekan Caleg PDIP Dapil II Sumenep

Viral..! Ketua BPD Juluk dak Komut PJS Diduga Kampanyekan Caleg PDIP Dapil II Sumenep
Potret Foto Ketua BPD Juluk, Sumenep dan Komisaris Utama PJS yang Lagi Viral Diduga Kampanyekan Caleg PDIP Dapil II Sumenep. (Foto: Istimewa).

SUMENEP, KanalNews.id – Belum lama ini, viral sebuah foto ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Juluk, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, dan Komisaris Utama (Komut) Petrogas Jatim Sumekar (PJS) diduga kuat mengkampanyekan Caleg PDIP jelang pemilu 2024. Rabu, 12 Juli 2023.

Dalam foto yang lagi viral tersebut Ketua BPD Juluk, Ach. Fajar bersama Komisaris Utama PJS tampak foto bersama dengan salah satu paguyuban kerapan sape bine’ di pulau Giliraja, Kecamatan Giligenting, dengan memegang bener salah satu Caleg PDIP Dapil II Meliputi Kecamatan Lenteng, Bluto, Saronggi dan Giligenting.

Menanggapi viral-nya foto tersebut, Ketua BPD Juluk Achmad Fajar, tidak menampik jika foto yang tersebar itu merupakan dirinya saat hadir di kerapan sape bine’ di pulau Giliraja.

“Kebetulan hari ini saya ada acara di Gili (pulau Giliraja) untuk survei pekerjaan, kebetulan ada acara mampir, ya foto bersama,” katanya saat dikonfirmasi awak media. Rabu (12/07/2023).

Baca Juga :  Puluhan Hektare Lahan Pertanian Terendam Banjir, DKPP Sumenep Siapkan Ganti Rugi

Meski keberadaan dirinya sudah jelas dalam foto yang lagi viral tersebut, Fajar pangilan akrabnya malah beralasan tidak untuk kampanye, karena bukan dirinya yang pegang banner melainkan anggota dari paguyuban kerapan sape bine’.

“Dalam foto ini kan bukan saya yang pegang banner, terlepas mereka mau mendukung siapa kan terserah mereka. Yang penting saya tidak berkampanye, cuma foto-foto saja menghargai masyarakat di sana,” dalihnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bambang Supratman Komisaris Utama (Komut) Petrogas Jatim Sumekar (PJS) membenarkan keberadaan foto bersama dengan paguyuban yang menyelipkan banner salah satu Caleg dapil II.

Kehadirannya di tengah-tengah tradisi turun temurun setiap musim kemarau di pulau Giliraja berupa kerapan sape bine’ itu tidak atas undangan melainkan inisiasi dirinya sendiri.

Baca Juga :  Sandang Predikat Desa Mandiri, DPMD Sumenep; Semakin Mempermudah Pelayanan

Bambang bahkan mengklaim tidak untuk melakukan kampanye atau mengajak agar memilih Caleg tertentu. “Itu acaranya di tetangga rumah saya, tidak diundang. Sekadar foto-foto saja,” terangnya.

Pria kelahiran Giliraja ini juga mengaku tidak tahu menahu soal siapa yang membawa banner Caleg tersebut. “Saya sekadar foto saja, tidak tau dari siapa banner itu,” terangnya, melalui sambungan telepon aplikasi perpesanan.

Berdasarkan informasi yang diterima media, salah satu paguyuban kerapan sape bine’ di pulau Giliraja itu menerima bantuan berupa blangkon, stiker dan banner Caleg.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sumenep Rahbini mengatakan, tahapan kampanye Pemilu tahun 2024 masih belum masuk.

“Saat ini masih tahapan pendaftaran Bacaleg, jadi belum boleh kampanye,” kata Rahbini melalui teleponnya.

Baca Juga :  Dua Tahun Mengabdi, Kajari Trimo Dapat Penghargaan dari SMSI Sumenep

Disinggung soal adanya dugaan oknum yang mencuri start kampanye meski belum masuk tahapan yang ditetapkan KPU, Rahbini menegaskan hal itu bukan kewenangannya melainkan menjadi ranah Bawaslu.

“Kami (KPU,red) hanya pelaksana teknis, sementara untuk pengawas di Bawaslu. Kalau ada pelanggaran pemilu bisa ke Bawaslu,” pungkasnya. (Ilm/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *