Tinjau Seleksi PPPK, Bupati Sumenep Berharap Lahirkan Aparatur Profesional dan Berkualitas

Seleksi PPPK
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Didampingi Plt Kepala BKPSDM Sumenep, Arif Firmanto Meninjau Pelaksanaan Seleksi PPPK di UNIBA Madura. (Foto: Ist - Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, meninjau pelaksanaan seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) formasi tahun 2023. Selasa, 14 November 2023.

Diketahui, pelaksanaan seleksi PPPK kali ini menggunakan tes berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung di Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura sejak 09 hingga 21 November 2023.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data dari BKPSDM Sumenep sebanyak 2.813 peserta dengan pilihan lokasi test di Kabupaten Sumenep.

Mereka memperebutkan kebutuhan atau kuota 311 orang untuk mengisi formasi PPPK Guru, Teknis dan Tenaga Kesehatan.

“Kami memberikan semangat kepada peserta untuk mengerjakan soal dengan tenang dan sabar, karena yang jelas kompetisinya sangat ketat dengan jumlah peserta ribuan, namun kebutuhannya sangat terbatas,” katanya saat meninjau pelaksanaan seleksi PPPK menggunakan CAT, Minggu (12/11/2023) kemarin.

Lebih lanjut, Bupati Fauzi panggilan akrabnya menjelaskan, seleksi PPPK bisa menjadi jawaban kebutuhan aparatur negara, dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“kami berharap seleksi PPPK ini benar-benar menghasilkan aparatur yang profesional dan berkualitas demi mendorong pembangunan di daerah,” harap politisi PDIP itu.

Menurut Ketua DPC PDIP Sumenep itu, pelaksanaan seleksi CAT berjalan lancar tanpa ada kendala, karena itulah dirinya juga berharap tim seleksi CASN Kabupaten Sumenep, untuk mempersiapkan pelaksanaan CAT selanjutnya supaya tetap lancar.

“Semoga saja, pelaksanaan seleksi CAT berjalan lancar hingga akhir supaya peserta tidak terganggu dan fokus mengerjakan soal-soal,” ujar pria yang kini akrab disapa Cak Fauzi itu.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep, Arif Firmanto mengungkapkan, sebanyak 2.813 peserta yang mendaftar PPPK dengan pilihan lokasi test di Kabupaten Sumenep.

Adapun rincian yang mengikuti tes CAT tersebut terdiri dari PPPK Guru sebanyak 1.628 orang, PPPK Teknis sebanyak 562 orang dan PPPK Tenaga Kesehatan sebanyak 623 orang.

Ribuan pendaftar itu untuk mengisi kebutuhan atau kuota 311 orang, yakni PPPK Guru sebanyak 183 orang, PPPK Teknis sebanyak 64 orang dan PPPK Tenaga Kesehatan sebanyak 64 orang.

“Ratusan kuota PPPK itu sesuai kebutuhan pemerintah daerah, sehingga penempatan tugasnya menyesuaikan dengan usulan setiap perangkat daerah,” pungkas pria yang saat masih menjabat Kadis DKPP Sumenep itu.

Untuk diketahui, secara keseluruhan peserta seleksi calon ASN 2023 yang memilih lokasi test mandiri BKN di titik lokasi UNIBA Madura Kabupaten Sumenep sebanyak 6.856 orang.

Adapun rinciannya CPNS sebanyak 704 orang, PPPK guru sebanyak 2.616 orang, PPPK teknis sebanyak 1.850 orang, dan PPPK tenaga kesehatan sebanyak 1.686 orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *