Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Beltim Susun Arsitektur SPBE

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Beltim Susun Arsitektur SPBE
Kick Off Meeting Penyusunana Arsitektur SPBE di Ruang Rapat Bupati Belitung Timur. (Foto: Kanal News).

BELITUNG TIMUR, kanalnews.id – Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) mulai menyusun Arsitektur SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Adapun target dari penyusunan program berbasis elektronik tersebut adalah seluruh dokumen Arsitektur dan Peta Rencana SPBE akan selesai dalam tiga atau empat bulan ke depan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Beltim, Bayu Priyambodo, SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

Baca Juga :  Launching LPM Authentic, UNIBA Madura Gelar Seminar Nasional

“Penyusunan Arsitektur SPBE ini bertujuan untuk menjadi acuan dalam menjalankan atau melakukan implementasi SPBE,” katanya kepada media ini. Jumat (12/05/2023).

Lebih lanjut, Bayu panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa penyusunan pelayanan berbasis elektronik untuk Kabupaten Beltim baru dimulai tahun 2023 ini dan harus mengacu kepada Arsitektur SPBE Nasional.

“Semoga penyusunan layanan publik berbasis elektronik ini tahun ini bisa tuntas,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar, menyatakan SPBE merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemkab Beltim untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Baca Juga :  Melalui Diskop UKM dan Perindag, Pemkab Sumenep Buka Pasar Murah Ramadhan 1445 H

“Penyusunan SPBE ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memudahkan masyarakat mengakses pelayanan,” katanya kepada media KanalNews.id.

“Kegiatan Kick Off Meeting ini merupakan langkah awal untuk penyamaan persepsi dan koordinasi seluruh perangkat daerah untuk kelancaran penyusunan SPBE,” imbuh Wabup Beltim.

Mantan Camat Gantung itu menargetkan dokumen Arsitektur dan Peta Rancangan SPBE untuk seluruh OPD di Pemkab Beltim akan rampung dalam kurun waktu 4 bulan mendatang.

“Hal ini diharapkan dapat membantu penerapan SPBE di Kabupaten Beltim dan meningkatkan level kematangan dari beberapa indikator terkait,” pungkasnya. (**/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *