Kapolresta Banyuwangi Memberi Wejangan Pada Peserta Wisuda Ponpes Al- Mustafa Muncar

Kapolresta Banyuwangi Memberi Wejangan Pada Peserta Wisuda Ponpes Al- Mustafa Muncar
Kapolresta Banyuwangi Saat Menghadapi Acara Wisuda di Ponpes Al-Mustafa Muncar. (Foto: Dhonny - Kanal News).

BANYUWANGI, KanalNews.id – Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, memberi wejangan pada wisudawan dan wisudawati Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mustafa Muncar, Kabupaten setempat. Selasa 6 Juni 2023.

Orang nomor satu di Korps Bhayangkara Bumi Blambangan tersebut memberi wejangan kepada generasi penerus bangsa agar terhindar dari kenakalan remaja.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, remaja adalah fase dimana seorang anak tumbuh menjadi dewasa. Dalam fase inilah para anak memiliki gejolak emosi meningkat secara drastis dan cenderung meledak-ledak.

“Para remaja memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Mereka rela melakukan apapun hanya untuk ingin merasakan dan memuaskan rasa ingin tahu mereka,” ujarnya.

Meski dengan fisik yang sama dengan orang dewasa tetapi para remaja ini memiliki pemahaman dan emosional yang masih anak-anak.

Bahkan para remaja kerap kali melakukan kesalahan, kesalahan inilah yang dikatakan dengan kenakalan remaja. Sehingga tidak jarang para remaja melakukan tindakan kekerasan, pelecehan, dan bahkan pencurian.

“Faktor kenakalan remaja ini dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal,” kata Kapolresta.

“Faktor internal ini dari manusianya atau anak-anaknya itu sendiri serta faktor eksternal dari orang tua lingkungan maupun teman pergaulan,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Kapolresta, faktor internal iitu sendiri juga dipengaruhi oleh faktor keturunan. “Oleh karena itu pertama-tama yang saya benahi di Banyuwangi adalah memperbaiki faktor keturunan melalui kegiatan isbat nikah, supaya mendapatkan keturunan yang jelas,” ujarnya.

Meski begitu, kata Kapolresta, banyak kenakalan anak-anak maupun remaja dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Untuk itu, perlu peran aktif orang tua untuk memperhatikan buah hatinya.

Kapolresta pun berharap kegiatan pembinaan dan penyuluhan kenakalan remaja ini bersama-sama dilaksanakan oleh seluruh komponen masyarakat, baik Polisi, TNI, guru, wali murid, menyerukan kepada anak-anak dan peserta didik.

“Semoga Banyuwangi menjadi lumbung generasi penerus bangsa yang bermanfaat khususnya bagi Banyuwangi, serta negara, bangsa dan agama secara luas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasat Binmas Kompol Toni Irawan, S.H,.M.H. ; Kapolsek Muncar Kompol Imron ; Anggota DPRD Banyuwangi sekaligus pembina ponpes Al Mustafa, Ali Mustofa; Ketua PC LKKNU Dr ANA ANIYATI, MPdi ; Pengasuh Pondok al Mustafa Kyai Ubaidil Baidowi, Lc .(Dhonny/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *