Harkitnas 2024, Kabag Hukum Sumenep Gelorakan Semangat Persatuan dan Kebangsaan

Harkitnas
Kabag Hukum SerdaKab Sumenep, Hizbul Wathan, Saat Ditemui di Kantornya Beberapa Waktu Lalu. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan moment penting dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Senin, 20 Mei 2024.

Oleh sebab itu, pemerintah dan masyarakat Indonesia termasuk Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, setiap tahun tepatnya pada tanggal 20 Mei selalu memperingati Harkitnas tersebut.

Peringatan itu dilakukan dalam rangka mengenang jasa para pahlawan bangsa Indonesia dan menjadikan pecut semangat bagi generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu.

Seperti halnya disampaikan oleh Kabag Hukum SetdaKab Sumenep, Hizbul Wathan menyatakan bahwa momentum Harkitnas 2024 harus dijadikan sebagai panggilan untuk memperkuat semangat persatuan dan gotong royong.

Baca Juga :  Menpan RB dan Kapolri Hadiri Balap Sepeda Tour Of Kemala 2nd Series Banyuwangi 2023

“Sebagai generasi penerus bangsa ini kita menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan serta mendorong generasi muda untuk mengambil peran dalam membangun bangsa, ” katanya kepada KanalNews.id usai mengikuti Upacara Harkitnas didepan Kantor Bupati Sumenep. Senin (20/05/2023).

Lebih lanjut, Wathan panggilan akrabnya menjelaskan, terkait pentingnya menjaga nilai-nilai kebangsaan, seperti Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila, sebagai landasan bersama dalam menjaga keutuhan negara.

Baca Juga :  Perbaikan Jalan Rusak Jadi Atensi Komisi III DPRD Sumenep di Tahun 2024

“Oleh sebab itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat utamanya masyarakat Sumenep untuk bersatu dalam menghadapi tantangan zaman, demi menciptakan Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing global, ” ungkapnya.

Wathan juga menegaskan bahwa semangat Harkitnas harus terus diperjuangkan setiap hari, bukan hanya dalam peringatan tahunan.

“Semoga semangat nasionalisme dan kebangsaan terus menyala di hati setiap warga negara Indonesia, sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan para pendahulu kita, ” harapnya. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *