Gelar Pelatihan Community Leaders, PNM Banyuwangi Dukung UMKM Naik Kelas

Gelar Pelatihan Community Leader, PNM Banyuwangi Dukung UMKM Naik Kelas
Foto Bersama Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah Bersama Pimpinan PT PNM Banyuwangi. (Foto: Dhonny - Kanal News)

BANYUWANGI, kanalnews.id – Guna mendukung UMKM naik kelas, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders. Jumat (12/05/2023).

Kegiatan pelatihan yang bertempat Illira Hotel, Banyuwangi, dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Indonesia Naik Kelas” itu dihadiri oleh 300 peserta.

Ratusan peserta tersebut merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar (Kepala Unit Mekaar, Senior Account Officer, Account Officer) wilayah Banyuwangi.

Pantauan media kanalnews.id di lokasi acara, Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, Kasi Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi, Budi Pringgo Cahyono.

Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Pemimpin PT PNM Cabang Banyuwangi, Arif Sulistiyantoro, Manajer Supporting PT PNM Cabang Banyuwangi, Anom Parikesit dan Catharina Martha selaku Narasumber dari PT KDM.

Dalam sambutannya, Pimpinan PT PNM Cabang Banyuwangi, Arif Sulistiyantoro menyampaikan, bahwa pelatihan Community Leaders adalah mencetak sosok rekan-rekan pendamping nasabah PNM Mekaar.

Baca Juga :  PC NU Sumenep Resmikan Gedung KH Abdul Wahab Hasbullah MWCNU Pasongsongan

“Pelatihan ini bertujuan untuk mencetak pemimpin komunitas yang akan membantu nasabah untuk melakukan pendampingan dan pelatihan sederhana di dalam grup sehingga usaha nasabah bisa berkembang lebih maju dan naik kelas,” katanya kapada awak media usai acara berlangsung. Jumat (12/05/2023).

Lebih lanjut, Arif panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa pelatihan tersebut tidak terlepas dari komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan dukungan kepada para pendamping nasabah.

“Ini merupakan bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM,” ungkapnya.

Kemudian, masih kata Arif, melalui kolaborasi PNM PKU dengan PT KDM juga menggelar pelatihan yang dikenal dengan nama Belajar Bareng PNM yang bertema “Usaha Menjahit, Keuntungan Melejit” kepada 50 Ibu-ibu pra sejahtera binaan PNM di wilayah Banyuwangi.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kreatifitas nasabah PNM dengan melatih keterampilan barunya sehingga dapat membuka peluang untuk membuka usaha baru,” ujarnya.

Baca Juga :  PDI-P Pastikan 99 Persen Menang 10 Kursi, PKB Terancam Tersingkir Dari Kekuasaan

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah dalam sambutannya menyampaikan, bahwa PNM hadir dibanyuwangi sangat bermanfaat sekali apalagi saat covid19 beberapa tahun yang lalu.

“Seperti penanaman Pohon Cemara di pesisir pantai pulau santen, juga pasca banjir bandang di kecamatan Kalibaru para pendamping PNM ini bersibaku dalan kegiatan bantuan sosial,” katanya saat memberikan sambutan. Jumat (12/05/2023).

Untuk diketahui, Pelatihan Community Leaders ini dilakukan bagi para pendamping nasabah Mekaar yang dilakukan secara nasional.

Kemudian, untuk mendukung kegiatan, sebuah performance berupa Tarian Tradisional Tari Jejer Gandrung Banyuwangi, dan olah vokal yang dipersembahkan oleh teman-teman unit PNM Mekaar wilayah Banyuwangi.

Selanjutnya pelatihan ini juga merupakan bentuk kolaborasi PNM, PKU dengan KDM yang memfasilitasi pemberian materi beserta program-program sosial media yaitu Bakool, Racun Bakool, Macan Busa, Mpok Karla, dan Belajar Bareng PNM.

Baca Juga :  Horee..! Disdik Sumenep Sediakan Umroh Gratis Bagi Guru Berprestasi

Sebagai informasi, hingga 31 April 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp23,05 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.551.096 juta Nasabah.

Saat ini PNM memiliki 62 Cabang, 3.800 kantor unit layanan PNM Mekaar dan 645 kantor unit layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota, dan 6.664 Kecamatan. (Dhonny/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *