Cerita Sukses Arif Firmanto Harumkan Nama Sumenep di Tingkat Nasional Bidang Pangan

Arif Firmanto
Arif Firmanto Kepala DKPP Kabupaten Sumenep. (Foto: Istimewa).

SUMENEP, KanalNews.id – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep, Arif Firmanto, menyampaikan rasa syukur atas prestasi tingkat nasional yang diraih dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI.

Prestasi gemilang tersebut, yakni DKPP Sumenep berhasil meraih prestasi atas capaian Pola Pangan Harapan (PPH) terbaik tingkat nasional pada Kamis (15/2/2024) kemarin.

Arif panggilan akrabnya mengaku, capaian prestasi itu tak luput dari kerjasama sejumlah pihak. Salah satunya Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK).

“Hal itu kami lakukan untuk mengedukasi masyarakat agar bisa mengkonsumsi selain beras, intinya Bergizi Seimbang, Dan Aman (B2SA),” kata Arif kepada Kanal News di ruang kerjanya, Kamis (22/02/2024) pagi.

Baca Juga :  Payah..! Kepala Syahbandar Sapeken Diduga Berikan Klarifikasi Bohong di Salah Satu Media Online

Selain edukasi, kata Arif, ada juga pelatihan-pelatihan bersama TP PKK ke desa-desa yang dilakukan pihaknya bersama dinas terkait.

“Kemudian juga kita salurkan bantuan, contohnya di luar bantuan dari padi seperti ubi atau garut,” ujar Arif.

Diketahui, garut sendiri adalah sejenis tumbuhan berbentuk terna yang menghasilkan umbi yang dapat dimakan.

“Itu kita kembangkan juga, spot-spot seperti itu kita jalankan ke sekolah-sekolah. Misalnya bantuan peralatan di kantin sekolah,” katanya mengungkapkan.

Menurut Arif, makanan yang mengandung karbohidrat tidak hanya dari sisi beras saja, namun bisa dari makanan yang bersifat karbohidrat lainnya.

“Padahal, kalau kita campur dengan beras jagung bisa nambah sehat juga. Itu manfaat jagung ya,” kata Arif.

Baca Juga :  Soal Jalan Rusak, Begini Respon Pemdes Karangnangka

Arif menjelaskan, skor PPH itu dinilai langsung dari upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep.

Mulai dari kinerja dan data-data yang ada di lapangan serta hasil edukasi yang telah berjalan maksimal.

Sekedar informasi, skor PPH merupakan indikator mutu gizi dan keragaman konsumsi pangan sehingga dapat digunakan untuk merencanakan kebutuhan konsumsi pangan.

Arif mengatakan, skor PPH saat ini menjadi yang tertinggi di Indonesia. Pihaknya berharap, dari prestasi yang didapatkan itu bisa menjadi cambuk untuk lebih meningkatkan kinerja.

“Capaian ini adalah sebuah prestasi hebat, agar kegiatan kinerja kita lebih baik lagi,” tutur Arif.

Baca Juga :  Melalui Sekolah Lapang, DKPP Sumenep Edukasi Petani Tentang Agribisnis Tembakau

Prestasi tersebut menurutnya lebih mudah dari pada mempertahankan. Sebab itu, pihaknya optimis peningkatan kinerja dapat terus digalakkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *