Bupati Sumenep Salurkan Bantuan Pangan Tahap 1, DKPP Siap Dukung Program CPP

CPP
Sesi Foto Bersama Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dengan Jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD dan Penerima Bantuan Pangan. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai menyalurkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) berbentuk berasa kepada penerima bantuan pangan (PBP). Jum’at, 02 Februari 2024.

Penyaluran bantuan CPP yang bertempat di Desa Torbang, Kecamatan Batuan itu merupakan penyaluran tahap pertama terhitunh Januari hingga Maret 2024.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan, bahwa program CPP merupakan salah satu program yang merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, dengan harapan dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya.

“Kami mengharapkan penerima bantuan CPP jangan sampai menjual bantuannya kepada orang lain, namun memanfaatkannya untuk kebutuhan keluarga dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dan menanggulangi kekurangan gizi,” kata Bupati dalam sambutannya. Jum’at (02/02).

Baca Juga :  Peduli Pendidikan, BPRS Bhakti Sumekar Launching Buku "Cerdas Literasi Finansial"

Lebih lanjut, Bupati Fauzi panggilan akrabnya menjelaskan, Berdasarkan data sasaran penerima bantuan pangan tahap 1 selama tiga bulan tahun itu sebanyak 124.557 penerima.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Sumenep kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep, Arif Firmanto menyampaikan, akan membantu dan mengawal penyaluran CPP bantuan pangan sampai ke penerima bantuan.

“Setiap Penyuluh pertanian lapangan (PPL) di setiap kecamatan akan mengawal bantuan pangan sampai ke OBP,” katanya saat dikonfirmasi sejumlah media. Jum’at (02/02).

Baca Juga :  Shalawatan Bersama Habib Syech, Ribuan Warga Banjiri Alun-alun Jember

Posisi DKPP, tegas Arif panggilan akrabnya menjelaskan, sama dengan pihak terkait lainnya, yakni siap membantu Bulog dan pihak transporter dalam proses penyaluran CPP kepada PBP.

“Keterlibatan semua pihak seperti Camat dan Kepala Desa akan semakin mendukung suksesnya penyaluran program CPP ke tangan PBP,” ungkapnya.

Selain membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu, sambung Kepala Dinas yang murah senyum itu mengatakan, bantuan CPP itu diharapkan mampu menekan laju inflasi.

“Sesuai dengan data yang ada untuk Kabupaten Sumenep sebanyak 124.557 penerima manfaat yang masing-masing akan mendapatkan 10 kg beras,” tegasnya

Arif juga menyampaikan, bahwa program CPP merupakan program lanjutan secara simultan dari tahun 2023, yang mana tahun lalu bantuan serupa juga diserahkan Pemerintah kepada masyarakat.

Baca Juga :  PAC IKAPMII Ganding Berbagi Senyum Dengan Anak Yatim dan Janda Lansia

“Untuk penyaluran CPP tahun 2023, Pemerintah mengkhususkan kepada masyarakat yang terdampak Elnino seperti gagal panen, sebagai PBP Penerima Bantuan Pangan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *