Berikan Motivasi Cinta Tanah Air, Bupati Jember Gelar Karnaval Budaya Nusantara

Berikan Motivasi Cinta Tanah Air, Bupati Jember Gelar Karnaval Budaya Nusantara
Kirab Karnaval Budaya Nusantara Digelar Pemkab Jember. (Foto: Ninil - Kanal News).

JEMBER, KanalNews.id – Bupati Jember, Hendy Siswanto, menggelar karnaval budaya Nusantara dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” yang dilepas di UPT Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Jember. Sabtu, (16/09/2023).

Penggelaran karnaval budaya nusantara itu diikuti oleh 4.000 peserta. Diantaranya yaitu 36 OPD, BUMN, BUMD, Perbankan, Rumah Sakit swasta, pengusaha, Perguruan tinggi, dan 32 kecamatan.

Bacaan Lainnya

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan, tujuan utama digelarnya karnaval budaya nusantara itu adalah untuk memperingati Hari Ulang tahun ke-78 Republik Indonesia serta memperkuat Bhineka Tunggal Ika yang nantinya akan berdampak positif kepada perekonomian di Kabupaten Jember.

Berikan Motivasi Cinta Tanah Air, Bupati Jember Gelar Karnaval Budaya Nusantara
Kereta Kencana: Peserta Kirab Karnaval Budaya Nusantara yang Digelar Pemkab Jember. (Foto: Ninil – Kanal News).

“Tujuan utama kegiatan ini untuk memperingati Hari ulang tahun ke-78 Republik Indonesia, serta karnaval budaya ini sangat penting untuk mencintai kearifan lokal, mencintai budaya, serta para leluhur kita,” katanya saat dikonfirmasi di lokasi acara. Sabtu (16/09/2023).

Berbagai macam kostum budaya yang dikenakan para peserta karnaval itu. Begitupun dengan bupati Jember, Hendy Siswanto, yang juga ikut antusias berjalan dan menyapa warga Jember dari UPT Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Jember hingga finish di depan Pendopo Wahyawibawagraha Kabupaten Jember.

“bermacam-macam pakaian budaya dan suku dikemas di kabupaten jember. Seperti yang saha pakai ini adalah pakaian adat batak Mandailing dari sumatra utara, ” ungkapnya.

Berikan Motivasi Cinta Tanah Air, Bupati Jember Gelar Karnaval Budaya Nusantara
Salah Satu Atraksi Peserta Karnaval Budaya Nusantara yang Digelar Pemkab Jember. (Foto: Ninil – Kanal News).

Tak hanya itu ada beberapa peserta karnaval yang memungut sampah di sepanjang rute. Hal tersebut untuk memotivasi masyarakat betapa pentingnya kebersihan

“Temen-temen dari SMA Negeri 5, SMK 4, Unej, sauto paulus, PMI. Smua bersama pemuda-pemudi mengambil sampah untuk memberikan motivasi kepada kita semua.” imbuhnya.

Dengan digelarnya karnaval budaya itu, banyak masyarakat Jember yang berdatangan dan menyaksikan di sepanjang rute perjalanan kirab itu.

“Semoga dengan kegiatan event ini dapat berdampak positif terhadap perekonomian dan pelestarian budaya yang ada di kabupaten Jember, ” pungkasnya. (Ninil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *