Optimalisasi Fasilitas Pendidikan, Disdik Sumenep Gelontorkan Anggaran Rp 64 Miliar

Kepala Disdik Sumenep
Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra, Saat Dikonfirmasi di Kantornya. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, KanalNews.id – Guna mengoptimalkan fasilitas pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 64 miliar untuk perbaikan infrastruktur pendidikan pada tahun 2024 ini.

Anggaran ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan di daerah tersebut, terutama melalui rehabilitasi dan pembangunan gedung sekolah yang memadai.

Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Agus Dwi Saputra mengatakan, bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk rehabilitasi dan pembangunan 47 Sekolah Dasar (SD), 15 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 7 Taman Kanak-Kanak (TK).

Baca Juga :  Gerak Cepat Disdik Sumenep Berikan Pemahaman Tentang Aturan Baru

“Total anggaran sebesar Rp 64 miliar ini dialokasikan untuk memperbaiki fasilitas pendidikan yang sudah tidak layak dan membangun yang baru,” katanya saat dikonfirmasi diruang kerjanya. Rabu (29/05/2024).

Dari jumlah lembaga pendidikan tersebut, sambung Agus panggilan akrabnya menjelaskan, beberapa di antaranya berada di wilayah kepulauan. Perinciannya ialah 12 SD, 2 SMP, dan 4 TK.

Dana perbaikan infrastruktur pendidikan ini berasal dari dua sumber utama, yakni 80 persen dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga :  Aktivis Nilai Ketua DPRD Sumenep Tak Layak Jadi Pemimpin Pasca Fotonya Viral

“Prioritas utama kami adalah perbaikan ruang kelas karena banyak ruang kelas yang saat ini membutuhkan perbaikan segera,” tambah Agus.

Dengan alokasi anggaran yang signifikan ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan kenyamanan belajar bagi siswa.

“Kami berharap upaya ini dapat membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Sumenep, baik di daratan maupun di kepulauan,” harap Agus. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *