Mengenal Program “Berani Simpel” BPRS Bhakti Sumekar Gagasan Bupati Fauzi

Mengenal Program "Berani Simpel" BPRS Bhakti Sumekar Gagasan Bupati Fauzi
Hairil Fajar, Direktur BPRS Bhakti Sumekar Saat Dikonfirmasi di Ruang Kerjanya. (Foto: Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Sumenep, BPRS Bhakti Sumekar terus melakukan trobosan dan inovasi baru di sektor keuangan. Kamis, 12 Oktober 2023.

Terbaru, BUMD yang bergerak dibidang keuangan dan pembiayaan itu meluncurkan program terbarunya yang dikasih nama program Berani Simpel (Bismillah Gerakan Melayani Simpanan Pelajar).

Bacaan Lainnya

Diketahui program Berani Simpel tersebut baru diluncurkan kemarin (Rabu, 11/10/2023) oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dan Direktur Utama (Dirut) BPRS Bhakti Sumekar di Ruang Rapat Graha Aria Wiraraja Lantai 2 Kantor Bupati Setempat.

Peluncuran program terbaru itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Bank BPRS Bhakti Sumekar, OJK, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep dan UPT Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep.

Dirut BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar mengatakan, Berani Simpel merupakan program yang digagas oleh Bupati Sumenep dengan tujuan mendorong gerakan satu rekening satu pelajar (Kejar).

“Melalui program Berani Simpel, pelajar dapat menabung paling sedikit Rp 1 ribu dari uang saku atau sisa uang jajan mereka,” kata Dirut Hairil Fajar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. Kamis (12/10/2023).

“Sementara pembukaan tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) hanya dikenakan biaya Rp 5 ribu, tabungan ini akan dilayani di semua sekolah baik daratan atau kepulauan,” timpal Dirut Fajar.

Lebih lanjut, Dirut Fajar panggilan akrabnya menjelaskan, untuk menyukseskan program tersebut, BPRS Bhakti Sumekar akan hadir ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi Berani Simpel kepada pelajar mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

“Sebab dalam pelaksanaannya program ini kami telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumenep, Kementerian Agama Sumenep dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Sumenep, ” ujarnya.

Adapun dasar hukum dari program Berani Simpel, sambung Fajar, yaitu Keputusan Presiden Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung dan dalam rangka penguatan satu rekening satu pelajar.

Kemudian, mengacu pada POJK 03 Tahun 2023 tentang peningkatan inklusi keuangan di sektor jasa keuangan bagi konsumen dan masyarakat. Terakhir, Disposisi Bupati Sumenep Nomor 2476 tanggal 21 September tentang Program Berani Simpel.

Sementara tujuan dari program Berani Simpel ini, masih kata Dirut Fajar, pertama yaitu mendorong saru pelajar di Sumenep memiliki satu tabungan (Tabungan SimPel). Kedua Menanamkan budaya menabung sejak dini sehingga anak bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan.

“Tujuan lainnya yakni, untuk meningkatkan pemahaman terhadap produk keuangan serta memperkuat dan memperkokoh literasi dan edukasi keuangan, ” pungkasnya. (Hil/Red). 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *