Ini Cara Unik Polresta Banyuwangi Sukseskan Imunisasi Polio

Imunisasi Polio
Kapolresta Banyuwangi dan Ibu Bayangkari Saat Memberikan Tetes Polio pada Siswa dan Siswi. (Foto: Dhonny - Kanal News).

BANYUWANGI, KanalNews.id – Polresta Banyuwangi, Jawa Timur, menggunakan cara unik dalam mensukseskan imunisasi polio. Sabtu, 20 Januari 2024.

Pantauan media KanalNews.id pada pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan hingga Puskesmas saja, tapi Polri dan Bhayangkari berjibaku turut serta mensukseskan program pemerintah tersebut.

Uniknya, setelah ratusan siswa yang rata-rata duduk di bangku kelas 2 SD itu diberi tetes Polio, mereka dihadiahi balon dan bingkisan. Ditambah lagi, ada dua petugas yang rela menggunakan kostum badut polisi. Tujuannya untuk menghibur anak didik.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono mengatakan imunisasi Polio ini dilakukan serentak di 20 titik. Puluhan titik tersebut mencakup Puskesmas hingga Polsek jajaran. Sedangkan tenaga kesehatan yang diterjunkan mencapai 186 nakes.

Baca Juga :  KPU Beltim Gelar Sosialisasi Peraturan Cuti atau Mundur Calon Incumbent di Pilkada 2024

“Imunisasi Polio hari ini sasarannya anak usia 0-7 tahun, totalnya mencapai 1.806 anak,” terang Nanang kepada wartawan.

Ia menyebut, secara keseluruhan capaian imunisasi Polio di Banyuwangi pada putaran pertama sudah sangat tinggi. Dari target 174.237 anak, kini mencapai 160 ribu lebih anak yang sudah mendapatkan imunisasi Polio.

Sedangkan capaian secara persentase untuk imunisasi Polio yang dilakukan Pemkab Banyuwangi bersama stakeholder itu sekitar 92 persen.

Baca Juga :  Diduga Sarat Titipan, Panwascam Masalembu Tolak Berkas Pendaftaran Calon PTPS

“Harapannya, kegiatan imunisasi Polio hari ini bisa terus meningkat. Makanya terus kami lakukan percepatan,” jelas Nanang.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi Amir Hidayat mengaku, belum ada kasus Polio yang terdeteksi masuk di Bumi Blambangan.

“Makanya pelaksanaan tetes Polio ini sebagai langkah preventif pencegahan dini penyebaran Polio masuk ke Kabupaten Banyuwangi,” kata Amir.

Amir menambahkan, imunisasi Polio putaran pertama di Banyuwangi ditargetkan tuntas hari ini. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat Banyuwangi yang memiliki anak usia 0 sampai 7 tahun untuk diberi imunisasi Polio di pos pelayanan terdekat.

Baca Juga :  Bersama Gus Miftah, Polres Sumenep Gelar Tasyakuran Hari Bhayangkara Ke-78

“Mari manfaatkan waktu yang masih tersisa sebaik mungkin dengan mengajak buah hati ke puskesmas, posyandu, untuk mendapatkan imunisasi Polio tetes secara gratis,” pungkasnya. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *