Cari Bibit Unggul, Ratusan Atlet Ikuti Kejurda Beltim

Cari Bibit Unggul, Ratusan Atlet Ikuti Kejurda Beltim
Foto Bersama Usai Pengalungan Medali Bagi Atlet Pemenang Kejurda Beltim 2023. (Foto: Yanto - Kanal News).

BELITUNG TIMUR, kanalnews.id – Guna mencari bibit unggul, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung, menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) 2023.

Sebanyak 297 atlet turut serta dalam seleksi Kejurda tingkat pelajar Kabupaten Belitung Timur tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Kejurda Beltim 2023 ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni dimulai Selasa – Kamis (23-25/05/2023).

Pantauan media kanalnews.id, Kerjuda Beltim 2023 itu dibuka langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin, yang juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Beltim, pimpinan OPD, dan pengurus Cabang Olahraga.

Bupati Beltim, Burhanudin menyampaikan, bahwa Kerjuda merupakan panggung seleksi bagi atlet Kabupaten Beltim yang akan berkompetisi ditingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kejurda ini dalam rangka melakukan seleksi bagi para atlet dan mencari bibit unggul untuk mengikuti Kejurprov Bangka Belitung,” katanya saat membuka Kejurda Beltim 2023. Selasa (23/05/2023).

Ditempat yang sama, Kepala Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Beltim, Amrizal menyampaikan, dari 8 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Kejurda Provinsi, hanya 4 cabor yang menjadi bagian Kejurda Kabupaten.

“Ada 4 Cabor yang dikompetisikan di Kejurda Beltim 2023, yakni Atletik, Renang, Taekwondo, dan Karate. Sementara Menembak, Panahan, Panjat Tebing, dan Senam akan dipertandingkan oleh Pengurus Cabor sendiri,” katanya usai pembukaan Kejurda Beltim 2023.

Lebih lanjut, Amrizal menjelaskan, bahwa tujuan seleksi Kejurda ini adalah untuk mencari bibit unggul dan merekrut atlet berprestasi ditingkat pelajar yang nantinya akan mewakili Kabupaten Beltim dalam Kejurprov Kepulauan Bangka Belitung.

Selain itu, kejuaraan tingkat daerah itu juga menjadi ajang kompetisi bagi pecinta olahraga atletik, renang, taekwondo, dan karate.

“Kejuaraan ini juga berfungsi sebagai media untuk memacu dan memotivasi pelajar agar mencapai prestasi yang lebih baik, serta mendorong pembentukan klub pembinaan tingkat pelajar di Kabupaten Beltim,” ujar Amrizal.

Ia juga menjelaskan, kejuaraan tersebut diikuti oleh 39 sekolah di Kabupaten Beltim, meliputi SD, SMP, dan SMA sederajat. Total peserta cabang olahraga adalah 181 atlet untuk atletik, 33 atlet untuk renang, 49 atlet untuk karate, dan 34 atlet untuk taekwondo.

“Proses pembinaan olahraga pelajar yang dilakukan secara berkesinambungan melalui program latihan rutin perlu dievaluasi. Salah satu caranya adalah melalui kompetisi di tingkat pelajar itu sendiri, sehingga potensi atlet berprestasi dapat terlihat sejak dini,” ungkap Amrizal.

Bagi juara umum I, II, dan III, akan diberikan trofi dan dana pembinaan. Sementara itu, setiap juara di setiap kategori atau cabang olahraga akan mendapatkan medali.

“Kami mengharapkan kepada seluruh atlet untuk menjaga dan meningkatkan prestasi. Janganlah cepat puas dan teruslah berlatih untuk meraih tingkat yang lebih tinggi,” tandas Amrizal. (Yanto/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *