Aplikasi “Lapor BOS”, Cara Disdik Sumenep Efisiensi Penggunaan Dana BOSP

Aplikasi "Lapor BOS", Cara Disdik Sumenep Efisiensi Penggunaan Dana BOSP
Potret Sosialisasi Aplikasi Lapor BOS oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep. (Foto: Ist - Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Guna mengefisiensi penggunaan dana BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, rancang Aplikasi “Lapor BOS“. Jumat, 6 Oktober 2023.

Sebanyak 27 koordinator Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (KKKS) dan 26 sekolah pilot project mengikuti sosialisasi penggunaan aplikasi “Lapor BOS” yang bertempat di Kedai HK Sumenep.

“Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung proses pelaporan dana BOS berupa pemantauan untuk pengelolaan, penatausahaan, pengumpulan penggunaan dana BOSP di setiap lembaga pendidikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Agus Dwi Saputra kepada Media Center, Jumat (06/10/2023).

Baca Juga :  Kepala Dinsos P3A Sumenep Pastikan BLT DBHCHT Cair Akhir November 2023

Untuk itulah, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan aplikasi sekaligus disinergikan dengan aplikasi lain di Kementerian seperti Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

“Kami merencanakan untuk menyempurnakan aplikasi ini bersama Tim Efektif, yang melibatkan unsur eksternal Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, antara lain Dinas Komunikasi dan Informatika, Inspektorat dan BPPKAD,” jelasnya.

Agus Dwi Saputra mengharapkan, aplikasi Lapor BOS berefek kepada pemanfaatan Dana BOSP sekolah agar semakin terarah, dan sesuai dengan kebutuhan sekolah berdasarkan perencanaan berbasis data demi peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sumenep.

Baca Juga :  DPRD Sumenep Dorong Pemerintah Daerah Lakukan Deteksi Dini Dari Ancaman Kekeringan

“Yang jelas, aplikasi Lapor BOS ini, selain sebagai bentuk pengendalian penggunaan Dana BOSP, sekaligus sebagai penyimpanan bukti pengeluaran di setiap sekolah dalam bentuk elektronik,” terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Ardiansyah Ali Shochibi mengungkapkan, aplikasi Lapor BOS guna mendukung proses pelaporan dana BOS, berupa pemantauan dalam pengelolaan dana BOSP, penatausahaan penggunaan dana BOSP, serta pengumpulan bukti pengeluaran yang lengkap dan sah dalam bentuk elektronik.

“Aplikasi itu demi meningkatkan tertib administrasi dan akuntabilitas keuangan, seperti pengendalian penggunaan dana BOSP termasuk menyimpan bukti pengeluaran dana di setiap sekolah,” tandasnya. (Hil/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *