Program Replikasi BUMDes Berbasis Masyarakat di Desa Campaka Berlangsung Sukses

Program Replikasi BUMDes Berbasis Masyarakat di Desa Campaka Berlangsung Sukses
Suasana FGD Program Replikasi BUMDes Berbasis Masyarakat di Desa Campaka. (Foto : Kanal News)

SUMENEP, KanalNews.idProgram replikasi BUMdes (Badan Usaha Milik Desa) berbasis masyarakat di Desa Campaka, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, berlangsung lancar dan sukses. Rabu, 21 Juni 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Campaka itu dihadiri langsung oleh Kepala Desa Campaka Sudiryo, Bendahara Desa Mahmud, tim Fasilitator dari Forum MMS (Masyarakat Madani Sumenep).

Bacaan Lainnya

Hadir pula pada kesempatan itu, Direktur dan jajaran pengurus BUMDes Bunga Desa serta perangkat Desa setempat sebagai peserta dalam program replikasi BUMdes berbasis masyarakat tersebut.

Koordinator tim fasilitator Forum MMS, Raudatun menyampaikan, bahwa program replikasi BUMDes merupakan program pendampingan untuk meningkatan efektivitas BUMDes dan meningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan dan pengawasan BUMDes.

Program replikasi BUMDes berbasis masyarakat ini hasil Kerjasama, Dinas PMD, Lakpesdam NU Sumenep, tim teknis Kabupaten serta Forum MMS,” katanya saat membuka acara replikasi BUMDes tersebut. Rabu (21/06/2023).

Lebih lanjut, Odax panggilan akrabnya menjelaskan kegiatan replikasi BUMDes ini dilakukan melalui 4 tahapan yaitu penerapan CSC atau Kartu Penilaian Masyarakat (KPM), Halaqah BUMDes, Bimbingan Teknis bagi Pengelola, dan Monitoring bersama Masyarakat, Pemerintah Desa, Pendamping, dan Tim Teknis dari DPMD Kabupaten Sumenep.

“Hari ini masuk tahap pertama, yakni melakukan FGD replikasi BUMDes berbasis Masyarakat dengan menggunakan strategi KPM, sehingga pengurus BUMDes dan masyarakat Desa Campaka bisa memberikan penilaian dan rekomendasi terhadap kemajuan BUMDes kedepannya,” ungkapnya.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaan kegiatan replikasi BUMDes ini pengurus dan perwakilan dari berbagai unsur masyarakat sangat antusias mengikuti acara yang kami selenggarakan, sehingga acara berlangsung lancar dan sukses,” imbuh Odax.

Sementara itu, Kepala Desa Campaka Sudiryo mengucapakan terimakasih kepada tim fasilitator Forum MMS dan Lakpesdam NU yang telah sudi mendampingi BUMDes Bunga Desa dalam meningkatkan kapasitas SDM pengurusnya.

“Atas nama pemerintah Desa Campaka kami sangat berterima kasih sekali kepada Lakpesdam NU dan Forum MMS yang telah memberikan pengetahuan baru kepada pengurus BUMDes kita,” katanya kepada media ini. Rabu (21/06/2023).

Kepala Desa tiga periode itu juga mengatakan bahwa kegiatan replikasi ini merupakan kegiatan positif guna meningkatkan mutu dan pengembangan BUMDes kedepan.

“Acara ini sangat bagus sekali, dengan diskusi yang terarah ini kita dan pengurus BUMDes dapat menilai dan mengetahui kelebihan dan kendala-kendala dalam tata kelola BUMDes sehingga kita kedepannya dapat berbenah untuk bagus lagi,” pungkasnya. (Hil/Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *