Gandeng USAID Madani, Pemkab Sumenep Gelar Workshop Collaborative Governance

Gandeng USAID Madani, Pemkab Sumenep Gelar Workshop Collaborative Governance
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Workshop Collaborative Governance. (Foto: Kanal News)

SUMENEP, KanalNews.id – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggandeng USAID Madani menggelar Workshop Collaborative Governance seri ke-IV, Selasa, 05 September 2023.

Kegiatan Workshop yang bertempat di Aula Kantor Bappeda Sumenep itu dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo.

Bacaan Lainnya

Hadir pula pada kesempatan itu, Plt Kepala Bappeda Sumenep, Yayak Nurwahyudi, Perwakilan USAID Madani Jawa Timur, FC Madani Sumenep, serta undangan dari berbagai organisasi masyarakat sipil, akademisi, OKP dan LSM dan Jurnalis.

Plt Bappeda Sumenep, Yayak Nurwahyudi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada USAID Madani yang telah bekerjasama sejak tahun 2020 hingga saat ini dalam hal pembangunan di Kabupaten Sumenep.

“Pertama saya ucapkan terimakasih kepada USAID Madani atas kerjasamanya menggandeng Lakpesdam NU Sumenep dalam rangka membantu pembangunan di Kabupaten Sumenep, ” katanya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, Yayak panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa banyak hal yang sudah dilakukan USAID Madani bersama Lakpesdam NU Sumenep dalam memberikan sumbangsih bagi pembangunan Kota Keris.

Salah satunya, adalah dengan menciptakan inovasi baru, yakni pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berbasis partisipasi masyarakat.

“Model atau inovasi BUMDes berbasis partisipasi masyarakat yang diciptakan oleh USAID Madani bersama Lakpesdam NU ini sangat bagus, sebab ini berangkat dari bawah sehingga bila mana ada pergantian Kepala Desa tidak akan berpengaruh bagi BUMDes, ” ungkapnya.

Selain itu, sambung Yayak menjelaskan, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development / USAID) bersama lakpesdam NU telah melakukan penilaian terhadap Ormas atau lembaga LSM terkait sejauh mana kematangan organisasinya.

“Terus yang kedua teman-teman telah melakukan penilaian terhadap lembaga Ormas atau LSM sejauh mana kematangan organisasi lembaga Ormas yang ada di kita. Bahkan beberapa kegiatan sudah dilanjutkan, seperti halnya Festival OMS se Kabupaten Sumenep, ” terang yayak.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, juga sangat mengapresiasi sekali atas kesediaan USAID Madani yang telah mau berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan SDM di Kabupaten paling ujung pulau Madura.

“Bisa berkolaborasi dengan Lembaga profesional dari Amerika Serikat ini merupakan anugrah. Sebab tidak semuanya Kabupaten di Jawa Timur bisa bekerjasama. Bahkan untuk di Madura hanya Kabupaten Sumenep satu-satunya yang dipilih oleh USAID Madani, ” kata Bupati Sumenep dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati Fauzi panggilan akrabnya menjelaskan, bahwa setiap daerah pasti ingin memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten.

Sebab dengan SDM yang berkualitas maka percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dalam suatu daerah juga akan cepat berkembang pesat dan maju.

“Maka dari itu salah satu fungsi yang kami harapkan dengan kolaborasi bersama USAID Madani ini dapat meningkatkan kualitas SDM Masyarakat Sumenep, sehingga percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Sumenep semakin cepat berkembang dan maju, ” pungkas Politisi PDI Perjuangan itu seraya berharap. (Hil/Red).¬†

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *