Beri Kenyamanan Pengunjung Wisata, Disbudporapar Sumenep Terapkan QRIS

Kepala Disbudporapar Sumenep
Kepala Disbudporapar Sumenep, Mohammad Iksan, Saat Menunjukkan Hasil Penarikan Retribusi Tiket Wisata dan Sewa Fasilitas Olahraga Melalui QRIS. (Foto: Ist For Kanal News).

SUMENEP, KanalNews.id – Guna memberikan pelayanan yang mekasimal bagi pengunjung wisata, Disbudporapar Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus melakukan inovasi.

Buktinya, saat ini Disbudporapar Sumenep telah menggunakan QR-Code Indonesian Standard (QRIS) saat melakukan penarikan retribusi di tempat wisata maupun sewa fasilitas olahraga.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan menyampaikan, penerapan digitalisasi seperti itu sangat penting dalam mempermudah pengunjung.

Terutama, kata Iksan, saat melakukan pembayaran tiket di tempat wisata dan sewa fasilitas olahraga. Sehingga, lebih cepat dan efisien.

Baca Juga :  Gandeng KFI, Pemkab Sumenep Bakal Gelar Event Spektakuler di Wisata Gili Labak

”Para pengunjung dan penyewa yang tidak membawa uang tunai bisa langsung menggunakan QRIS,” kata Iksan dalam keterangannya belum lama ini, Minggu (2/6).

Iksan menilai, penggunaan QRIS membuktikan bahwa Pemkab Sumenep terus melakukan inovasi dari segala sektor.

”Meski kami berada di kabupaten paling timur di Pulau Madura, tapi kami sudah merambah ke sistem digital,” ujar Iksan.

Pihaknya menjelaskan, bahwa dengan adanya QRIS, Disbudporapar dapat memonitoring dan mengetahui capaian PAD setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap tahun.

Baca Juga :  Didik Kedisiplinan, PP Darul Ulum Gelar Festival Gerak Jalan Kreatif

”Ini demi mempermudah kami untuk memonitor capaian PAD di sektor pariwisata maupun penyewaan fasilitas olahraga,” tutur Iksan.

Menurut Iksan, sistem digital tersebut terwujud berkat kerja sama antara Pemkab dengan Bank Jatim.

”Karena tidak semua wisatawan memiliki M-banking, kami juga menyediakan petugas untuk melayani pembayaran secara tunai. Kami juga melakukan sosialisasi agar warga terbiasa membayar secara nontunai,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *